Kebijakan Suntik Mati Siaran TV Analog Bikin Netizen Menjerit: Mau Beli STB, Duit Enggak Ada

Tangguh Yudha · Selasa, 06 Desember 2022 - 20:43:00 WIB
Kebijakan Suntik Mati Siaran TV Analog Bikin Netizen Menjerit: Mau Beli STB, Duit Enggak Ada
Kebijakan suntik mati siaran TV analog atau analog switch off (ASO) rupanya masih belum diterima oleh sebagian masyarakat. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Kebijakan suntik mati siaran TV analog atau analog switch off (ASO) rupanya masih belum diterima oleh sebagian masyarakat. Lebih dari satu bulan diresmikan, masih ada saja masyarakat yang mengeluh tidak bisa menyaksikan acara televisi kesayangannya.

Salah satu yang menjadi korban kebijakan itu yakni pengguna TikTok dengan akun @khalwa. Dalam postingannya, dia mencurahkan kesedihannya lantaran belum juga memiliki set top box (STB) untuk menonton televisi.

"Gak bisa nonton TV, mau beli set top box dwit ngak ada aku yakin di luar sana juga merasakan hal yang sama," katanya sambil membagikan video yang menampilkan layar TV yang sama sekali tidak memuat tayangan apapun selain gambar semut.

Postingan @khalwa itu pun lantas mendapat perhatian dari netizen TikTok yang lain. Hingga berita ini dimuat, Selasa (6/12/2022), setidaknya video yang dibagikan sudah mendapat lebih dari dua ribu suka dengan ratusan komentar ditinggalkan.

Banyak pengguna TikTok lain yang mengaku mengalami nasib serupa dan menjadi korban dari kebijakan tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang bahkan mengaku menangis meratapi kesedihan karena tidak bisa berbuat banyak.

"Sama bngt kak, mending buat beli beras," kata netizen TikTok dengan akun @mamav***.

"Iya sama anak nangis Gk bisa liat TV," ungkap netizen bernama @mamit***.

"Ya betul beli untuk makan sekarang udah susah," sahut netizen @K***.

Keputusan Kominfo menyuntik mati siaran analog sebenarnya sudah mendapat penolakan keras dari netizen, terutama dari mereka yang memiliki orang tua di rumah alias emak-emak yang setia menonton sinetron melalui siaran analog.

Namun Kominfo tetap memilih melanjutkan kebijakan sejak Rabu 2 November 2022 pukul 24.00 WIB. Kini, sudah lebih dari satu bulan kebijakan dijalankan, namun masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan perangkat STB.

Editor : Siska Permata Sari

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda