Tahap Finalisasi, Jokowi Pelajari Rekam Jejak Calon Dewan Pengawas KPK

Antara ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 18:28 WIB
Tahap Finalisasi, Jokowi Pelajari Rekam Jejak Calon Dewan Pengawas KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sangat hati-hati dalam memilih calon Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat ini nama-nama calon Dewan Pengawas KPK masih dalam tahap finalisasi.

Menurutnya, rekam jejak calon sangat penting dicermati. Integritas calon dinilai menjadi faktor utama dalam menentukan pilihan.

"Belum rampung, baru finalisasi, kita juga sama melihat satu per satu track record-nya seperti apa, integritasnya. Jangan sampai keliru," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

BACA JUGA:

Mahfud MD: Nama Calon Dewan Pengawas KPK Sudah di Kantong Presiden

Jokowi Sudah Kantongi Nama Dewan Pengawas KPK

Dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan UU KPK menyebutkan posisi Dewan Pengawas KPK. Pertama kali, Dewan Pengawas KPK ditunjuk dan diangkat oleh Presiden.

Tugas Dewan Pengawas KPK antara lain mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, penyitaan, menyusun dan menetapkan kode etik pimpinan serta pegawai KPK, menerima dan laporan dari masyarakat mengenai adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan dan pegawai dan lainnya.


Editor : Kurnia Illahi