Mahfud MD: Nama Calon Dewan Pengawas KPK Sudah di Kantong Presiden

Antara ยท Kamis, 12 Desember 2019 - 20:43 WIB
Mahfud MD: Nama Calon Dewan Pengawas KPK Sudah di Kantong Presiden

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama-nama calon Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Belum diketahui siapa nama-nama itu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga tidak mengungkapkan latar belakang nama-nama calon tersebut. Baik akademisi, advokat atau lainnya.

"Kalau saya sebut sekarang enggak ada kejutan namanya. Pokoknya sudah ada di kantong Presiden," ujar Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan UU KPK menyebutkan posisi Dewan Pengawas KPK. Pertama kali, Dewan Pengawas KPK ditunjuk dan diangkat oleh Presiden.

Tugas Dewan Pengawas KPK antara lain mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, penyitaan, menyusun dan menetapkan kode etik pimpinan serta pegawai KPK, menerima dan laporan dari masyarakat mengenai adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan dan pegawai dan lainnya.

Editor : Kurnia Illahi