Tari dari Jawa Tengah yang Paling Populer, Lengkap Maknanya yang Harus Kamu Ketahui!

Antik Dalu Shinta · Rabu, 11 Mei 2022 - 18:28:00 WIB
Tari dari Jawa Tengah yang Paling Populer, Lengkap Maknanya yang Harus Kamu Ketahui!
Tari Gambyong, tari dari Jawa Tengah (screenshot Kemdikbud)

JAKARTA, iNews.id - Seni tari dari Jawa Tengah memiliki jenis yang sangat beragam mulai dari gerakan, jenis musik dan maknanya. Seni tari dari Jawa Tengah ditampilkan dalam acara kesenian dan upacara adat yang menjadi ciri khasnya tersendiri.
 
Mengutip buku ‘Mengenal Seni Tari di Indonesia’ karya Muryanto, tari adalah unsur kebudayaan yang tidak dapat lepas dalam kehidupan masyarakat, karena satu kesatuan yang utuh di dalamnya. Tari adalah perwujudan suatu bentuk karya seni konkret dan memerlukan proses dalam mempelajarinya. 

Apa Saja Seni Tari dari Jawa Tengah?

  • Tari Gambyong

Tari dari Jawa Tengah pertama adalah gambyong. Tari ini berasal dari Surakarta, Jawa Tengah dan merupakan tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.

Ciri khas tari gambyong adalah selalu dibuka dengan gendhing pangkur. Instrumen dari tarian ini adalah gender, kendang, kenong, kempul dan gong.

  • Tari Bondan

Tari Bondan adalah tari yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Seorang anak wanita dengan menggendong boneka mainan dan payung terbuka, menari dengan hati-hati di atas kendi. Tarian ini melambangkan seorang ibu yang menjaga anaknya dengan hati-hati.

  • Tari Serimpi

Tari Serimpi adalah tari dari Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta. Tarian ini dikenal sebagai tarian mistik yang diiringi oleh gamelan Jawa dan diaminkan oleh empat penari wanita.

Gerakan tangan yang lambat dan gemulai merupakan ciri khas tarian ini. Empat penari dalam Tari Serimpi mendapat sebutan air, api, angin dan bumi.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda