Telekonferensi dengan 6 Kapolres, Jokowi Tekankan Pencegahan Karhutla

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 12:28 WIB
Telekonferensi dengan 6 Kapolres, Jokowi Tekankan Pencegahan Karhutla

Presiden Jokowi saat menyampaikan amanat dalam upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Rabu (1/7/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo melakukan video telekonferensi dengan jajaran enam Polres usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). Dalam kesempatan itu Jokowi menekankan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memasuki musim kemarau.

Pesan itu disampaikan Jokowi untuk Polres Sabang di Aceh, Polres Pulang Pisau di Kalimantan Tengah, dan Polres Rote Ndao di NTT. Menurutnya tiga polres itu wajib mewaspadai potensi karhutla karena memiliki rekam jejak di masa lalu.

"Pak Kapolres Sabang aman semua? Masuk hujan atau kemarau?" tanya Jokowi.

"Siap, sehat semua, masuk kemarau Pak. Sementara wisata sudah dibuka tapi masih sepi," ucap Kapolres Sabang, AKBP Muhammadun.

Jokowi kemudian menekankan agar Polda dan Polres tak melupakan potensi karhutla di sejumlah wilayah. Termasuk menyiapkan langkah-langkah penegakkan hukum.

Mantan wali kota Solo itu kemudian mengimbau Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto untuk mewaspadai potensi karhutla. Menurutnya Kabupaten Pulang Pisau memiliki rekam jejak karhutla di masa lalu.

"Pertahankan jangan ada kebakaran. Dulu Pulang Pisau memang langganan, tapi dengan tanggung jawab bersama kita harap tak ada lagi di waktu mendatang," kata Jokowi.

"Siap, sampai saat ini masih zero kebakaran dan mempersiapkan food estate," kata Yuniar.

Kemudian Jokowi menanyakan hal yang sama dengan Polres Rote Ndao. Dia juga menanyakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di sana saat ini.

"Siap, Rote Ndao memasuki musim kemarau. Keamanan kondusif dan tak ada kejadian menonjol yang membahayakan masyarakat," ucapnya.

Selain melakukan dialog dengan tiga Polres, Jokowi juga menerima laporan dari tiga Polres lain. Yaitu Polres Merauke di Papua, Polres Gunungkidul di Yogyakarta, dan Polres Talaud di Sulawesi Utara.

Editor : Rizal Bomantama