Tembak Mati KKB Papua, Ini Kehebatan Paskhas TNI AU Pasukan Elite yang Disegani Dunia

Riezky Maulana ยท Minggu, 21 Februari 2021 - 22:16:00 WIB
Tembak Mati KKB Papua, Ini Kehebatan Paskhas TNI AU Pasukan Elite yang Disegani Dunia
Pasukan Baret Jingga menembak mati anggota gerombolan separatis Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua anak buah Lerrymayu Telenggen. (Fot: Ilustrasi Paskhas/Antara).

JAKARTA, iNews.id – Pasukan elite TNI AU, Paskhas, menembak mati anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua anak buah Lerrymayu Telenggen. Anggota gerombolan separatis itu dilumpuhkan dalam serbuan tempur sekejap di Bandara Armaga Aminggaru Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (19/2/2021).

Korban tewas yakni Tera Wamang (27) warga Ilaga. Wamang, anggota KKB yang beroperasi di Beoga itu bersama gerombolannya merayap ke arah Pos Pengamatan Paskhas, diduga hendak menyerang. 

Pasukan elite TNI AU, Korps Paskhas, wajib memiliki kemampuan para-komando atau parako. (Foto: Okezone).
Pasukan elite TNI AU, Korps Paskhas, wajib memiliki kemampuan para-komando atau parako. (Foto: Okezone).

Ketika itu di Bandara Aminggaru sedang dilakukan debarkasi personel Kotis Brimob Satgas Pamrahwan pengganti personel sebelumnya. Mengetahu upaya serbuan itu, Pasukan Baret Jingga melakukan tindakan cepat. Wamang tewas di lokasi.

Pasukan Elite TNI AU

Bila TNI AD memiliki Kopassus, TNI AU mempunyai Korps Pasukan Khas atau Korpaskhasau atau sering disebut Paskhas. Korps Baret Jingga ini merupakan pasukan khusus yang memiliki kemampuan tempur di tiga matra, yakni udara, laut, darat. Warna baret jingga Paskhas terinspirasi dari cahaya jingga saat fajar di daerah Margahayu, Bandung, yaitu tempat pasukan komando ini dilatih.

Dalam sejarahnya, pasukan elite TNI AU ini bermula dari operasi penerjunan 13 anggota AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) di Sambi, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada 17 Oktober 1947. Ini merupakan operasi penerjunan tempur pertama di Indonesia.

Penerjunan ini sekaligus ditetapkan menjadi hari jadi Komando Pasukan Gerak Tjepat (Kopasgat), cikal bakal Korpaskhasau. Dalam perkembangannya, pasukan ini terus bertransformasi dan menempa diri secara organisasi dan kemampuan tempur sehingga menjadi salah satu pasukan elite yang disegani dan ditakuti di dunia. 

Apa tugas utamanya?

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3