Tentara Asing Kagum Kehebatan Kopassus dan Kopaska, Sampai Bilang Prajurit Indonesia Sakti

Sucipto ยท Minggu, 21 Maret 2021 - 19:37:00 WIB
Tentara Asing Kagum Kehebatan Kopassus dan Kopaska, Sampai Bilang Prajurit Indonesia Sakti
Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Kertopati menyebut sejumlah negara Eropa dan Asia mengagumi kehebatan prajurit Indonesia seperti Kopassus TNI AD dan Kopaska TNI AL. (Foto: Sindonews).

JAKARTA, iNews.id – Sejumlah negara dari Eropa, Amerika Serikat juga Asia mengagumi kehebatan TNI. Mereka tak segan memuji dan takjub akan kemampuan prajurit Indonesia seperti Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang merupakan pasukan elite TNI AD dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL.

Kekaguman negara lain itu disampaikan pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati saat menjadi pembicara di YouTube Channel @venamelindareal yang merupakan akun resmi mantan anggota Komisi I DPR. Bincang-bincang ini dalam rangka menyambut Hari Kartini 2021, pada Sabtu (20/3/2021). 

”Kita bangga loh, Indonesia banyak sekali kekhasannya, kaya Kopassus berkali-kali menjuarai menembak mengalahkan bule-bule itu dengan senjatanya dari Pindad. Bayangkan. Jadi orang bule bertanya, hebat banget ya Kopassus bisa seperti itu,” tutur Susaningtyas. 

Susaningtyas Kertopati berbincang dengan Vena Melinda tentang sistem pertahanan Indonesia. (Foto: Ist/Sucipto).
Susaningtyas Kertopati berbincang dengan Vena Melinda tentang sistem pertahanan Indonesia. (Foto: Ist/Sucipto).

Dia menuturkan, kekaguman tersebut bukan hanya ditujukan kepada Korps Baret Merah, tetapi juga Kopaska. Mantan anggota Komisi I DPR ini menuturkan bagaimana temannya yang merupakan anggota militer dari sebuah negara mengakui kehebatan para prajurit TNI. 

”Juga Kopaska TNI AL, punya kekuatan napas lebih dari bule-bule itu. Mereka bisa tahan di bawah (air) itu lama, enggak tahu gimana? Sampai teman saya milter dari negara lain bilang orang Indonesia sakti. Kalau perang gerilya itu Kopassus itu jagonya, jangan harap (yang lain) bisa menang,” katanya.

Relawan Kopaskam jenazah pasien Covid-19 di Kabupaten Jepara yang siap siaga menjalankan tugas. Foto: iNews/Alip Sutarto.
Pasukan elite TNI AL Kopaska berlatih tempur. (Foto: Antara).

Perempuan yang akrab disapa Nuning ini mengakui banyak negara-negara luar yang ingin mengetahui sistem pertahanan Indonesia. Terlebih sistem pertahanan RI juga semakin maju. Negara seperti Jepang dan Korea juga ingin mengetahui lebih banyak tentang sistem keamanan dan intelijen Indonesia.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2