Terungkap Sri Sultan HB IX Sosok Demokratis, Tak Haruskan Anak Pakai Bahasa Jawa

Okezone ยท Minggu, 26 September 2021 - 06:40:00 WIB
Terungkap Sri Sultan HB IX Sosok Demokratis, Tak Haruskan Anak Pakai Bahasa Jawa
Sri Sultan Hamengku Buwono IX disebut sebagai sosok demokratis. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Banyak cerita yang mengungkap kebijaksanaan sosok Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX. Tak heran jika kemudian terdengar kisah wakil presiden kedua RI itu merupakan sosok yang demokratis.

Hal itu disampaikan sendiri oleh anaknya sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini, Sri Sultan Hamengku Buwono X dikutip dari Jogjaprov.go.id. Sultan menyebut ayahnya secara umum layaknya manusia pada umumnya, punya kelebihan dan kekurangan.

“Bagi saya, beliau adalah orang tua yang mengerti anak, tidak maunya sendiri sebagai orang tua dan anaknya tidak boleh salah. Beliau sangat demokratis, bagi beliau argumentasi sangat penting. Saya boleh menolak permintaan atau kalau beliau menyuruh sesuatu, tapi harus punya argumentasi kenapa saya tidak mau," ujar Sri Sultan. 

Bentuk sifat demokratis HB IX menurut Sri Sultan juga tampak dari kebebasan yang diberikan padanya terkait bahasa komunikasi. Dikatakan Sri Sultan, biasanya kalau bertemu dan berbicara, semua anak-anak akan menggunakan Bahasa Jawa Krama Inggil.

"Tapi saya justru dibebaskan menggunakan Bahasa Indonesia dalam percakapan dengan beliau, tidak harus Bahasa Jawa. Alasan beliau wajar, karena Bahasa Jawa punya beban psikologis, dan mungkin bisa menciptakan gap dalam membangun komunikasi antara bapak dan anak," ucap Sri Sultan.

Dengan bebas berbahasa, Sri Sultan merasakan keterbukaan dalam berdialog dengan sang ayah, tentang apapun. Dan pengalaman seperti itu jadi sesuatu yang sangat penting baginya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: