Testing Covid-19 per November Naik Jadi 90,64 Persen dari Target WHO

Felldy Utama ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 22:02:00 WIB
Testing Covid-19 per November Naik Jadi 90,64 Persen dari Target WHO
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus mengejar kapasitas testing sesuai standar yang direkomendasikan World Health Organization (WHO). Dengan menyesuaikan populasi Indonesia mencapai 267 juta jiwa, diperlukan pemeriksaan PCR Covid-19 kepada 267.000 orang per minggu.

"Walaupun sempat mengalami berbagai fluktuasi, jumlah testing yang dilakukan pada November 2020, mencatatkan tren peningkatan setiap minggu dari 67,15 persen pada minggu pertama, naik menjadi 90,64 persen pada minggu ke-4," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (1/12/2020) dalam keterangan pers di Graha BNPB yang juga disiarkan langsung Kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Wiku menjelaskan, jumlah testing yang dilakukan semakin mendekati standar target yang ditentukan WHO. Capaian ini tidak mudah karena terdapat beberapa kendala seperti ketersediaan reagen, jumlah SDM, kapasitas laboratorium serta kondisi geografi Indonesia.

Untuk itu, kata dia, Satgas mengapresiasi tenaga kesehatan yang sudah bekerja keras untuk meningkatkan jumlah testing ini.

Mengenai tenaga laboran juga mendapat apresiasi dari Satgas Penanganan Covid-19, karena tidak pernah lelah dalam memeriksa setiap spesimen yang masuk. Mereka diminta untuk tetap menjaga kesehatan dan keamanan dalam bekerja.

"Namun demikian, saya ingin mengingatkan agar jangan terbuai oleh capaian ini. Terus tingkatkan jumlah testing agar, kita mampu mencapai target yang ditentukan WHO. Kita mampu mendeteksi di manapun pasien itu berada agar mendapat pelayanan kesehatan sedini mungkin agar hasilnya dapat optimal dan sembuh," ucap Wiku.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2