TGB: Idul Fitri Momen Bangkitkan Spiritualitas Bangsa yang Majemuk

Heri Purnomo ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 21:00:00 WIB
TGB: Idul Fitri Momen Bangkitkan Spiritualitas Bangsa yang Majemuk
Tuan Guru Bajang, Dr. H. Muhammad Zainul Majdi (kanan) bersama Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, di acara Halalbihalal MNC Group 2022, di Jakarta, Jumat (20/5/2022). (Foto: MPI/Heri Purnomo)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum PB NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah) Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengatakan momen Idul Fitri bukan hanya membangkitkan spiritualitas individu warga muslim. Idul Fitri juga bisa sekaligus meningkatkan spiritualitas bangsa.

Menurutnya spiritual keagamaan menjadi fondasi utama dalam membangun tatanan sosial berbangsa dan bernegara di tengah Indonesia yang menganut lebih dari satu agama.

"Bagaimana agama itu kemudian tidak hanya pada ranah keyakinan, rangkaian ritual, tapi juga bisa menjadi sumber spiritualitas dan bahkan menjadi fondasi dari kita membangun tatanan sosial berbangsa dan bernegara," ujarnya dalam acara Halalbihalal MNC Group 2022 di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

TGB menjelaskan, di negara yang menjadi tempat lahirnya agama samawi, yaitu Arab Saudi saja makna pemaknaan agama tidak sedalam seperti yang ada di Indonesia. Ada banyak ritual keagamaan di Indonesia yang justru menjadi simbol persatuan, seperti halalbihalal.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda