Tindakan Ekstra Atasi Krisis, Jokowi: Asal untuk Negara Saya Pertaruhkan Reputasi Politik

Riezky Maulana ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 19:03 WIB
Tindakan Ekstra Atasi Krisis, Jokowi: Asal untuk Negara Saya Pertaruhkan Reputasi Politik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Kamis (18/6/2020). (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id - Jajaran Kabinet Indonesia Maju diminta tidak menanggapi situasi sekarang dengan biasa-biasa saja. Beberapa bulan ini dinilai suasana krisis yang harus disikapi dengan serius dan kerja keras.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Kamis (18/6/2020) yang diunggah melalui Youtube. Pada kesempatan itu Jokowi mengingatkan kepada semua yang hadir bertanggung jawab terhadap nasib ratusan juta penduduk Indonesia.

"Tolong digaris bawahi dan perasaan itu tolong sama. Perasaan kita harus sama, jangan biasa-biasa saja. Tindakan dan kebijakan kita harus suasana krisis," ujar Jokowi.

Dia meminta kepada jajaran kabinet untuk mengeluarkan peraturan menteri (permen) jika diperlukan untuk menangani persoalan yang terjadi saat ini akibat wabah virus corona (Covid-19). Bahkan, dia siap mengeluarkan peraturan presiden (perpres) maupun peraturan perundang-undangan (perppu) jika dinilai perlu untuk menghadapi situasi sekarang.

"Saya harus ngomong sampai saat ini tidak ada progres signifikan. Kalau mau perppu saya buatkan lagi perppu kalau yang sudah ada belum cukup asal untuk rakyat asal untuk negara saya pertaruhkan reputasi politik saya," katanya.

Editor : Kurnia Illahi