TNI AU: Pesawat Tempur yang Jatuh di Kampar Riau Rusak Berat

Riezky Maulana ยท Senin, 15 Juni 2020 - 14:59:00 WIB
TNI AU: Pesawat Tempur yang Jatuh di Kampar Riau Rusak Berat
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - TNI Angkatan Udara (AU) masih melakukan investigasi peristiwa jatuhnya pesawat tempur BAe Hawk type 209 nomor registrasi TT-0209 pada Senin pagi. Pesawat tersebut jatuh dan menimpa dua rumah warga.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto mengatakan, akibat kecelakaan tersebut pesawat mengalami rusak berat. "Pesawat kondisi rusak berat (total lost), menimpa dua rumah warga yang dalam kondisi kosong," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Fajar mengklarifikasi lokasi jatuhnya pesawat. Sebelumnya disebutkan pesawat jatuh 5 kilometer dari runway 36 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru pukul 08.13 WIB.

"Lokasi 4 kilometer dari ujung Runway 36 Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Pekanbaru," ujarnya.

Fajar mengungkapkan, pesawat jatuh tersebut diterbangkan Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat. Saat ini berada di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan.

"Penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU," ujarnya.

Sebelumnya, seorang warga di sekitar lokasi jatuhnya pesawat mengaku mendengar suara keras. Dia juga melihat seorang berbaju pilot melayang di udara.

"Saat kejadian, terdengar ledakan keras dan seorang berbaju seperti pilot TNI AU melayang di udara dengan parasut. Saya kira sedang ada latihan terjun payung, ternyata ada pesawat jatuh,” kata salah seorang warga Desa Kubang Jaya yang meminta namanya tidak disebutkan.

Editor : Djibril Muhammad