Tradisi Imlek Masyarakat Cina Benteng, Seperti Apa?

puti aini yasmin ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 11:58:00 WIB
Tradisi Imlek Masyarakat Cina Benteng, Seperti Apa?
Tradisi Imlek masyarakat Cina Benteng

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tradisi Imlek yang berlangsung di Indonesia, salah satunya dilakukan oleh masyarakat Cina Benteng. Seperti apa tradisi Imlek masyarakat Cina Benteng?

Perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina akan jatuh pada 1 Februari mendatang. Setiap orang keturunan Tionghoa pun akan merayakan penanggalan 1 bulan 1 di kalender Lunar ini.

Tradisi Imlek Masyarakat Cina Benteng

Apa yang dimaksud Cina Benteng?

Dikutip dari laman resmi Universitas Atma Jaya, dijelaskan bahwa masyarakat Cina benteng adalah penduduk yang bermukim di kawasan kali Cisadane, Kota Tangerang. Nama 'benteng' sendiri diambil dari nama kota lama di Tangerang.

Mayoritas masyarakat Cina benteng bekerja sebagai petani dan pedagang kelontong di Pasar Lama. Mereka juga bisa membaca tulisan aksara Cina tetapi tetap mempertahankan budaya China, seperti Imlek, Cap Go Meh.

Dalam perayaannya, tradisi Imlek masyarakat Cina benteng pada dasarnya sama dengan orang keturunan Tionghoa pada umumnya, yakni membersihkan rumah sebelum Imlek, menggunakan baju baru dan mempercantik pernak-pernik rumah.

Selain itu, diketahui bahwa setiap Imlek para orang Tionghoa akan berkeliling dan mengunjungi rumah orang yang lebih tua atau berkumpul di satu rumah orang yang paling tua. Hal itu untuk menghormati orang yang lebih tua.

Kemudian, para orang Cina banteng akan mengucapkan 'Gong Xi Fa Cai' kepada satu sama lain, sembahyang di Klenteng Boen Tek Bio untuk mendapatkan kebahagiaan dan kemakmuran selama satu tahun ke depan.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: