Tradisi Unik Menjelang Idul Adha di Indonesia, Ada Jemur Kasur hingga Dandani Sapi

Ajeng Wirachmi · Selasa, 14 Juni 2022 - 14:55:00 WIB
Tradisi Unik Menjelang Idul Adha di Indonesia, Ada Jemur Kasur hingga Dandani Sapi
Tradisi Unik Menjelang Idul Adha di Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Ada berbagai macam tradisi unik menjelang Idul Adha di Indonesia. Apalagi, pada tahun ini hari raya Idul Adha diperkirakan jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang.

Tradisi Unik Menjelang Idul Adha di Indonesia

  • Tradisi Meugang, Aceh

Tradisi unik menjelang Idul Adha di Indonesia pertama berasal dari Aceh. Tradisi unik ini tak hanya dilakukan jelang Idul Adha, namun juga dilakukan menjelang Idul Fitri.

Dalam sebuah jurnal bertajuk “Tradisi Meugang dalam Masyarakat Aceh: Sebuah Tafsir Agama dalam Budaya”, disebutkan bahwa meugang adalah tradisi makan daging sebelum hari raya umat Islam, termasuk Idul Adha.

Masyarakat meyakini bahwa tradisi ini sangat wajib dan tidak boleh ditinggalkan oleh warga Aceh. Tradisi meugang juga menjadi momen penting berkumpulnya keluarga dan merayakan hari raya bersama. 

  • Tradisi Ngejot, Bali

Tradisi unik menjelang Idul Adha di Indonesia di Bali dikenal dengan nama ngejot. Melansir Okezone, dalam pelaksanaannya, masyarakat saling berbagi makanan ketika sedang merayakan hari besar agama, termasuk Idul Adha.

Uniknya, tradisi ini bukan hanya dilakukan oleh umat Islam, namun juga umat Hindu ketika merayakan hari besarnya. Ngejot sendiri memiliki arti memberi dan diwariskan secara turun-temurun dalam masyarakat Bali.

Banyak pihak mengakui jika tradisi ini menjadi gambaran tingginya toleransi yang dijunjung oleh masyarakat Bali, dan patut dicontoh oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda