UI, UGM dan IPB Masuk 100 Besar Kampus Dunia versi THE

Felldy Utama ยท Jumat, 24 April 2020 - 08:35 WIB
UI, UGM dan IPB Masuk 100 Besar Kampus Dunia versi THE

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk dalam 100 besar dunia versi Times Higher Education (THE) 2020 dalam kategori Impact Ranking. UI berada di peringkat 47, UGM peringkat 72 dan IPB peringkat 77.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, prestasi yang ditorehkan tiga perguruan tinggi Indonesia itu sangat membanggakan. Fakta itu menunjukkan perguruan tinggi di Indonesia sangat berperan bagi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya menjadi menara gading, namun menjadi menara air.

"Pengabdian perguruan tinggi Indonesia kepada masyarakat diakui dunia internasional," kata Nizam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Pemeringkatan Impact Ranking yang dilakukan THE, Nizam memaparkan, dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs. THE Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia.

Selain UI, UGM, dan IPB 3, dia mengungkapkan, ada 6 perguruan tinggi Indonesia yang juga menorehkan prestasi yang sama. Namun posisinya di luar dari 100 besar yaitu Universitas Padjadjaran peringkat 101-200, Universitas Brawijaya peringkat 201-300, Universitas Airlangga peringkat 301- 400, ITB peringkat 301-400, Universitas Diponegoro peringkat 301-400 dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) peringkat 401-600.

Nizam berharap prestasi tersebut memacu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk semakin berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia. "Peran dan sumbangsih perguruan tinggi Indonesia selama pandemi COVID-19 ini diharapkan juga dapat ditingkatkan mulai dari pencegahan hingga penanganan Covid-19," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad