Unik, Meski Masjid dan 2 Gereja Berjarak 100 Meter, Warga Kampung Sawah Bekasi Adem Ayem

Abdul Malik Mubarok ยท Kamis, 01 Desember 2022 - 09:53:00 WIB
Unik, Meski Masjid dan 2 Gereja Berjarak 100 Meter, Warga Kampung Sawah Bekasi Adem Ayem
Sejumlah jemaat berada di halaman Gereja St Servatius Kampung Sawah, Kota Bekasi, Minggu (27/11/2022). Gereja ini hanya berjarak sekitar 100 meter dengan Masjid Agung Al-Jauhar Yasfi. (Foto: MNC Portal/Abdul Malik M)

BEKASI, iNews.id - Lantunan ayat suci Alquran dan lagu misa mewarnai pagi yang cerah di Kampung Sawah, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022) lalu. Suara ritmis nan magis itu saling mengisi ruang pendengaran warga atau pengguna jalan yang melintas di Segitiga Emas tersebut.

Disebut Segitiga Emas karena di Kampung Sawah ini terdapat tiga rumah ibadah yang saling berdekatan. Jaraknya tak lebih dari 100 meter. Masing-masing Masjid Agung Al-Jauhar Yasfi, Gereja Kristen Pasundan (GKP) milik umat Protestan dan Gereja St Servatius kepunyaan umat Katolik.

Pagi itu, para petugas di masing-masing tempat ibadah sibuk mengatur keluar masuk jamaah atau jemaat. Sebab, di Masjid Al-Jauhar ada pengajian Ahad pagi, sementara di GKP dan Gereja St Servatius digelar misa pagi. Semuanya tenggelam dalam kesibukan ibadah masing-masing.

"Kalau masalah agama kan masing-masing. Lakum dinukum waliyadin. Silakan masing-masing," kata Ketua Yayasan Pendidikan Fisabilillah sekaligus tokoh muslim di Kampung Sawah, KH Rachmadin Afif kepada MNC Portal.

Menurut Abah, sapaan akrab KH Rachmadin Afif, toleransi antarumat beragama di Kampung Sawah sudah terbentuk sejak dulu. Wilayah yang saat ini masuk dalam Kelurahan Jatimelati dan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi ini dihuni oleh warga yang heterogen.

Mereka beragama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan lainnya. Mereka juga hidup rukun dan saling menghargai. Sikap itu terus diwariskan ke anak cucu hingga saat ini.

"Orang tua dulu sudah memberikan contoh yang baik, hidup rukun. Kata orang tua, biar kata dia lain agamanya, kita hidup harus rukun. Orang tua dulu itu begitu ngajarinnya," ujar Abah dalam logat Betawi yang kental.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda