Universitas Terbuka Gratiskan Biaya Wisuda Brigadir J, Undang Sang Ayah Ikuti Prosesi Pekan Depan

Bachtiar Rojab · Jumat, 19 Agustus 2022 - 13:01:00 WIB
Universitas Terbuka Gratiskan Biaya Wisuda Brigadir J, Undang Sang Ayah Ikuti Prosesi Pekan Depan
Ayah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Samuel Hutabarat (Azhari Sultan/MNC Portal)

JAKARTA, iNews.id - Universitas Terbuka (UT) akan meringankan upaya ayah dari mendiang Brigadir J alias Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat yang ingin mengikuti prosesi wisuda anaknya pada tanggal 23 Agustus 2022. Biaya wisuda bagi Brigadir J digratiskan. 

"Kami sudah mengundang kedua orang tua untuk hadir dalam upacara wisuda dengan pembiayaan dari UT, jika pihak keluarga berkenan," ujar Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (19/8/2022).

Lebih lanjut, Ojat menuturkan, keinginan dari ayah Brigadir J yakni Samuel Hutabarat untuk tetap hadir dalam prosesi wisuda anaknya dinilai positif. Meski, hal itu terlepas dari polemik yang tengah terjadi di permukaan. 

"Kami menyikapi keinginan ayahnya untuk hadir mawakili alm sangat positif. Terlepas dari peristiwa wafatnya almarhum yang sedang ditangani pihak yang berwenang," katanya. 

Kendati demikian, Ojat menambahkan, pihak UT turut berbelasungkawa yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tengah menimpa mahasiswanya tersebut. Menurut Ojat, sudah menjadi kewajiban kampus menyampaikan ijazah kepada pihak keluarga. 

"Kami segenap civitas akademika UT turut berduka cita yang mendalam. Kewajiban kami untuk menyampaikan ijazah kepada pihak keluarga," ujarnya. 

Diketahui sebelumnya, Samuel Hutabarat berkeinginan untuk menggantikan wisuda anaknya.

"Ya, anak saya tepat pada tanggal 23 Agustus mendatang akan wisuda. Karena itu, saya berkeinginan menggantikan wisuda anak saya yang meninggal karena dibunuh," ujar Samuel Hutabarat, Senin (15/8/2022).

Diakuinya, wisuda sarjana mendiang anaknya tentu menjadi momen yang sangat mengharukan bagi keluarga. Terlebih bagi ayah dan ibu kandungnya, Rosti Simanjuntak.

"Tapi anak kami lebih dulu dipanggil Tuhan. Kami sangat berkeinginan sekali datang di momen mengharukan wisuda anak saya. Selaku ayah Brigadir J, saya yang langsung menggantikan anak saya," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda