Usai Diperiksa KPK 6 Jam, Mantan Menag Lukman Hakim Syaifuddin Irit Bicara

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 15 November 2019 - 21:09 WIB
Usai Diperiksa KPK 6 Jam, Mantan Menag Lukman Hakim Syaifuddin Irit Bicara

Mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Jumat (15/11/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin usai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sekitar enam jam politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu diperiksa, sejak tiba pukul 13.30 hingga keluar 20.00 WIB.

Lukman irit bicara ketika didesak wartawan terkait materi pemeriksaan. Dia berdalih bukan ranahnya untuk menjelaskan. "Saya secara etis tidak pada tempatnya untuk menyampaikan di sini silakan saudara-saudara rekan-rekan media menanyakan langsung ke KPK," kata Lukman di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

Lukman juga menolak menjawab secara detail pertanyaan wartawan dengan alasan kode etik. Padahal, dia mengaku, sangat ingin membeberkan kepada publik ihwal pemanggilan dirinya hari ini.

"Sudah materi hukum yang tentu sekali lagi saya harus menghormati institusi penegak hukum seperti KPK ini untuk tidak membawa materi-materi hukum ke ranah publik," ujarnya.

Lukman juga tutup mulut saat ditanyai perihal berapa pertanyaan yang diajukan penyidik. Lukman langsung kabur menuju mobilnya yang sudah terparkir di depan gedung KPK.

Diketahui, Lukman Hakim Syaifudin diperiksa sebagai saksi terkait pengelolaan haji di Kementerian Agama. KPK mengendus adanya dugaan gratifikasi yang diterima Lukman.

"Terkait dengan pengelolaan haji di Kementerian Agama dan juga dugaan penerima gratifikasi. Nanti kita lihat lebih lanjut ya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

Editor : Djibril Muhammad