Usai Reses, Sidang Paripurna DPR Dihadiri 285 Anggota

Felldy Utama ยท Senin, 13 Januari 2020 - 12:41 WIB
Usai Reses, Sidang Paripurna DPR Dihadiri 285 Anggota

Suasana sidang paripurna DPR RI usai masa reses, Senin (13/1/2020). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menggelar sidang paripurna ke-7 dengan agenda pembukaan masa persidangan II Tahun 2019-2020 setelah masa reses, Senin (13/1/2020). Berdasarkan catatan absensi Kesetjenan, rapat paripurna kali ini dihadiri 285 anggota DPR RI.

Menurut pantauan iNews.id, Ketua DPR RI Puan Maharani tak tampak dalam sidang karena sedang menghadiri forum parlemen Asia-Pasifik di Australia. Sementara yang bertindak sebagai pimpinan sidang adalah Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad didampingi tiga wakil ketua DPR lainnya seperti Rachmat Gobel, Aziz Syamsuddin, dan Muhamaimin Iskandar (Cak Imin).

BACA JUGA: Baleg DPR dan Pemerintah Sepakat RUU KPK Diteruskan ke Sidang Paripurna

BACA JUGA: Sidang Paripurna, DPR Setujui Presiden Berikan Amnesti untuk Baiq Nuril

Sebelum melanjutkan pembahasan agenda rapat Paripurna, Dasco sebagai pimpinan sidang langsung melaporkan catatan absensi anggota dewan yang hadir pada hari ini. "Berdasarkan absensi yang ditandatangani, anggota 285 dari total 575 anggota hadir dan dihadiri seluruh fraksi, maka kuorum tercapai," kata Dasco saat memimpin rapat paripurna, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Itu berarti anggota yang menghadiri sidang paripurna hari ini hanya sekitar setengah dari jumlah total anggota DPR. Dasco membuka sidang paripurna dengan menyampaikan keprihatinannya terhadap bencana banjir dan longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Jabodetabek. Ia mengajak anggota dewan yang hadir untuk membaca doa untuk para korban yang tertimpa bencana.

Editor : Rizal Bomantama