Vaksin Merah Putih Ditargetkan Penuhi 50 Persen Kebutuhan Dalam Negeri

Binti Mufarida ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:05 WIB
Vaksin Merah Putih Ditargetkan Penuhi 50 Persen Kebutuhan Dalam Negeri

Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio menargetkan produksi vaksin merah putih sebanyak 50 persen dari kebutuhan dalam negeri.

Meskipun produksi dalam negeri sebanyak 350 juta dosis per tahun, namun proses vaksinasi tidak bisa diselesaikan dalam waktu seminggu. Amin memprediksi dengan jumlah penduduk Indonesia proses vaksinasi paling cepat akan sekitar satu tahun.

“Tekat kami sedikitnya kita bisa memenuhi kebutuhan vaksin 50 persen dari kebutuhan vaksin dalam negeri,” katanya dalam keterangannya, Jakarta (14/8/2020).

Saat ini, produksi vaksin dengan kerjasama dalam negeri sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia. Meskipun tidak bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri.

“Tapi produksi luar negeri bisa membantu kita. Tapi juga kita mesti ingat bahwa vaksin produksi luar negeri itu tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan ini di Indonesia. Bahkan mungkin mereka 20 sampai 40% dari kebutuhan vaksin. Sebagian besar itu 60% minimum 50% itu harus dipenuhi oleh produksi dalam negeri,” kata Amin.

Sementara itu, Amin pun merespon pertanyaan terkait kualitas dalam negeri dan luar negeri.
Namun, kata Amin Indonesia tidak boleh menggantungkan produksi vaksin dari luar negeri

“Saya tidak menyatakan demikian ya. Artinya kita berupaya membuat vaksin yang sebaik-baiknya. Artinya, semuanya kalau bisa diupayakan dari dalam negeri," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq