Viral Larangan Ucapan Natal di Kue Tous les Jours, Ini Penjelasan Manajemen

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 22 November 2019 - 17:07 WIB
Viral Larangan Ucapan Natal di Kue Tous les Jours, Ini Penjelasan Manajemen

Pengumuman tentang peraturan penulisan ucapan di kue yang terpasang di salah satu gerai Tous les Jours Jakarta menjadi kontroversi, Jumat (22/11/2019). (Foto: Okezone/Ist).

JAKARTA, iNews.id – Jagat maya dihebohkan dengan video viral tentang larangan penulisan ucapan selamat Natal dan ucapan lain yang tak sesuai syariat Islam di kue Tous les Jours. Video ini menuai reaksi dari sejumlah kalangan.

Video itu menampakkan selembar kertas yang dipasang di etalase gerai Tous les Jours Pacific Place Jakarta. Kertas itu berisikan mengenai “Peraturan Penulisan Ucapan Cake”.

Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa “Store tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti: 1. Ucapan selamat hari besar agama, misal Natal, Imlek dll, 2. Perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, misal Valentine, Halloween, dll.”

Hingga Jumat (22/11/2019) sore ini, kontroversi Tous les Jours masih jadi perbincangan di media sosial. Di platform Twitter, Tous les Jours menjadi trending topic.

Mereaksi polemik tersebut, manajemen Tous les Jours Indonesia akhirnya memberikan klarifikasi. Pernyataan resmi tersebut telah diunggah di akun media sosial resmi mereka, antara lain Instagram.

Manajemen menyatatakan, peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana terlihat pada video/foto/informasi lainnya yang sedang ramai beredar bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan Tous les Jours.

”Bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya dan atau antargolongan,” bunyi pernyataan resmi manajemen Tous les Jours, Jumat (22/11/2019).

Perusahaan roti asal Korea Selatan ini pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. ”Demikian klarifikasi ini kami sampaikan,” ucap manajemen.

Editor : Zen Teguh