Viral Video Warga Negara China di Bandara Soetta, Ini Penjelasan Imigrasi

Riezky Maulana ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 10:32 WIB
Viral Video Warga Negara China di Bandara Soetta, Ini Penjelasan Imigrasi

Warga negara China yang viral di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (26/3/2020). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jendral (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengklarifikasi mengenai rekaman video yang viral di media sosial terkait warga negara China di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Dalam penjelasannya, Imigrasi Kemenkumham mengakui keberadaan warga negara China di Bandara Soetta, Kamis (26/3/2020).

Kasubag Ditjen Imigrasi Achmad Nursaleh memastikan, warga negara China tersebut bukan tenaga kesehatan yang dikirim ke Indonesia untuk membantu menangani virus corona (Covid-19). Selain itu, rekaman video tersebut diambil bukan di pintu kedatangan, tetapi di pintu keberangkatan.

"Jadi itu area keberangkatan yang difoto. Bukan area kedatangan dan diambilnya waktu pemulangan warga negara China," ujar Achmad di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Dia menuturkan, para warga negara China itu sedang menjalani proses evakuasi untuk kembali ke negara asal. Proses evakuasi, kata dia menggunakan pesawat carter Cambodia Airlines (KR3708).

"Untuk proses evakuasi warga negara RRT (China) dengan jumlah penumpang yang terdaftar dalam manifestasi penerbangan sebanyak 126 orang," ucapnya.

Sebelumnya beredar video amatir di media sosial Twitter yang disebarkan oleh akun @ANDINI_MAHARAN1 Kamis (26/3/2020) pukul 22.22 WIB dengan narasi para warga China diterbangkan langsung untuk membantu pemerintah Indonesia menangani virus korona.

"Tim medis China diterbangkan ke Indonesia untuk membantu penanganan Virus Corona. Mungkin saja pengalaman mereka menangani corona bisa bermanfaat. Asalkan tidak membawa virus lagi saja," tweet akun tersebut.

Editor : Kurnia Illahi