Waduh! 4 Peserta UTBK SBMPTN 2022 di UNJ Ketahuan Pakai Joki

puti ยท Jumat, 27 Mei 2022 - 16:06:00 WIB
Waduh! 4 Peserta UTBK SBMPTN 2022 di UNJ Ketahuan Pakai Joki
Ilustrasi Kecurangan UTBK SBMPTN

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak empat peserta UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ketahuan memakai joki. Beruntungnya, aksi tersebut berhasil digagalkan.

Menurut Ketua Pusat UTBK UNJ, Suyono upaya curang tersebut ditemukan di hari kedua ujian dengan alat metal detector. Diketahui, empat peserta tersebut berasal dari wilayah Sumatera dan Jawa.

"Jadi, seolah-olah seperti alat tunarungu. Namun, akhirnya pelakunya sudah mengaku," ucap Suyono dikutip dari laman lldikti13 Kemdikbud, Jumat (27/5/2022).

Lebih lanjut, Suyono mengungkapkan para peserta yang menggunakan joki ternyata memilih program studi favorit, salah satunya adalah fakultas Kedokteran.

Untuk itu, keempat peserta tersebut langsung diamankan oleh panitia. Sesuai dengan aturan LTMPT, mereka tidak berhak lagi mengikuti UTBK SBMPTN 2022.

Sementara itu, Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Nizam menyesalkan perbuatan keempat peserta tersebut. Ia meminta kepada para peserta untuk percaya kepada kemampuannya sendiri.

Bahkan, ia mengingatkan bahwa kecurangan akan merugikan diri sendiri, apalagi bila dinyatakan lulus. Sebab, peserta tidak akan bisa mengikuti proses pembelajarannya.

"Kalaupun lolos dari pengawasan, ketika lulus, peserta yang sudah sendiri karena tidak bisa mengikuti proses perkuliahannya," kata dia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda