Wali Kota Bima Raih Penghargaan KDI 2022 Lewat Inovasi Layanan Publik SIRAPP

Anindita Trinoviana ยท Jumat, 23 September 2022 - 08:58:00 WIB
Wali Kota Bima Raih Penghargaan KDI 2022 Lewat Inovasi Layanan Publik SIRAPP
Foto: Wali Kota Bima Muhammad Lutfi saat terima penghargaan KDI 2022. (Foto: MNC Portal Indonesia)

SEMARANG, iNews.id - Wali Kota Bima Muhammad Lutfi berhasil menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 pada kategori pelayanan publik lewat inovasi SIRAPP. Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Muhammad Lutfi pada malam puncak KDI 2022 yang digelar di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

Inovasi pelayanan publik Sistem Informasi dan Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan (SIRAPP) besutan Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), merupakan wadah pengaduan atau pelaporan atas tindak kekerasan pada anak dan perempuan. 

Hadirnya inovasi SIRAPP didasari atas rentannya anak dan perempuan akan terkena tindak kekerasan. 

Selain itu, Pemkot Bima juga berikan perlindungan dengan adanya produk hukum berupa PERDA Nomor 6 Tahun 2018 tentang Perlindungan Perempuan Korban Kekerasan. Hal ini juga sebagai upaya untuk perlindungan dari aksi eksploitasi dan diskriminasi. 

Untuk itu, kehadiran SIRAPP diharapkan dapat menekan kasus tindak kekerasan pada anak dan perempuan di Kota Bima.

Layanan yang berbasis Android ini mudah untuk digunakan, sehingga pengaduan masyarakat jadi lebih cepat. Pelapor hanya perlu sign up atau log in dengan akun Facebook maupun Gmail. Kemudian, isi form pengaduan berupa kronologi kejadian, data diri korban, terduga pelaku, dan data pelapor. 

Foto : Wali Kota Bima Muhammad Lutfi, SE menerima plakat penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 Kategori Pelayanan Publik dari Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk di Kota Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (22/092022)  (Foto: MNC Portal Indonesia)
Foto : Wali Kota Bima Muhammad Lutfi, SE menerima plakat penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 Kategori Pelayanan Publik dari Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk di Kota Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (22/092022) (Foto: MNC Portal Indonesia)

Selanjutnya, laporan akan diproses, dan pihak berwenang (DPPPA) akan meminta keterangan terkait pengaduan. Selama proses berlangsung, korban akan didampingi hingga dapat kembali ke rumah. 

Proses tersebut dapat berupa memberikan layanan kesehatan jika korban mengalami luka fisik atau trauma. Selain itu, mendampingi pelapor ke pihak berwajib dan mendapatkan bantuan hukum saat diperlukan. Setiap laporan pada SIRAPP akan diunggah ke website yang telah disediakan oleh Pemkot Bima. 

Aplikasi yang diluncurkan pada Juni 2020 ini juga dapat diperuntukan guna melaporkan kejadian lainnya di masyarakat. 

Keberhasilan inovasi SIRAPP hingga mengantarkan Kota Bima meraih penghargaan KDI 2022, menurut Wali Kota Bima tidak lepas dari dukungan dan kinerja berbagai pihak. 

“Terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif tahun 2022. Kami meraih apresiasi kategori pelayanan publik, yang mana di dalam inovasi tersebut adalah inovasi SIRAPP,” tutur Wali Kota Muhammad Lutfi.

Sebagai informasi, Kepala Daerah Inovatif 2022 merupakan ajang penghargaan sekaligus apresiasi yang diberikan oleh MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi baik gubernur, wali kota, dan bupati. 

Wali Kota Muhammad Lutfi juga dengan terbuka menyampaikan undangan kepada para kepala daerah di Indonesia untuk dapat hadir pada malam penghargaan KDI di Kota Bima di tahun mendatang. 

“Terima kasih juga kepada Pemkot Semarang yang sudah menjadi tuan rumah ajang penghargaan ajang KDI tahun 2022. Bahwa akan pelaksanaan KDI tahun 2023 di Kota Bima. Diharapkan kepada kepala daerah mengikuti ajang bergengsi KDI di Kota Bima,” ucapnya

KDI 2022 kali ini bertema Inovasi untuk akselerasi kemajuan daerah menyongsong era society 5.0 dengan lima kategori penghargaan, yakni Pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan. 

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Agung Firman Sampurna menyampaikan apresiasi atas inovasi Wali Kota Bima Muhammad Lutfi dan kepala daerah lainnya penerima penghargaan KDI 2022. 

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Jajaran kepala daerah penerima penghargaan KDI (Foto: MNC Portal Indonesia)
Jajaran kepala daerah penerima penghargaan KDI (Foto: MNC Portal Indonesia)

Sementara itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah. 

“Maka dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” kata Mendes.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda