Wamenhan: Wabah Corona, Perang Melawan Musuh Tak Terlihat

Antara ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 08:32 WIB
Wamenhan: Wabah Corona, Perang Melawan Musuh Tak Terlihat

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: Kemhan).

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertahanan (Kemhan) menilai perang melawan wabah virus corona (Covid-19) saat ini bisa diibaratkan sedang melawan musuh tidak terlihat. Wabah tersebut telah mengubah sendi kehidupan serta cara manusia berinteraksi.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, pernah mengingatkan tentang perang di masa depan salah satunya melawan penyebaran virus dan penyakit. Pernyataan itu disampaikan sesaat setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pandemi Covid-19 yang tengah di hadapi sekarang menyadarkan kita semua bahwa isu di bidang pertahanan tidak hanya masalah alutsista, tetapi ketahanan nir-militer seperti kesehatan dan pangan," ujar Wahyu di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Dia menuturkan, saat ini Kemhan sedang merancang sejumlah langkah strategis menghadapi musuh tidak terlihat ini dengan titik berat membangun ketahanan pangan dan kesehatan agar Indonesia siap menghadapi peristiwa serupa jika terulang.

Menurutnya, di bidang kesehatan, sedang melakukan transformasi di Universitas Pertahanan (Unhan) dengan mendirikan Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer dan Fakultas Teknik Militer.

"Kami ingin mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang kesehatan, terus ada laboratorium farmasi dan virologi. Semua ini agar ketahanan kesehatan menjadi mandiri di masa depan," ucapnya.

Sementara di bidang pangan sedang dicari lahan untuk menyediakan cadangan pangan demi kepentingan pertahanan nasional.

"Kami sedang melihat beberapa lokasi yang akan kita gunakan supaya bisa mendukung ketahanan pangan," katanya.

Editor : Kurnia Illahi