Wapres Ingatkan Penguasaan Ilmu Teknologi Harus Diimbangi Iman dan Takwa

Binti Mufarida ยท Minggu, 05 Juni 2022 - 08:29:00 WIB
Wapres Ingatkan Penguasaan Ilmu Teknologi Harus Diimbangi Iman dan Takwa
Wakil Presiden (Wapres) Ma`ruf Amin. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan penguasaan ilmu teknologi dewasa ini mutlak dilakukan. Namun, harus diimbangi dengan penguasaan iman dan takwa (imtaq). 

Hal ini diungkapkan Wapres saat meresmikan Gedung Baru Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) di Jl. Garuda No. 09, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, kemarin.

“Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak diperlukan, tetapi jangan sampai tidak diimbangi dengan penguasaan iman dan takwa (imtaq). Keduanya harus senantiasa berjalan selaras dan saling melengkapi,” kata Wapres dikutip dalam keterangannya, Minggu (5/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Wapres juga meminta UNWAHA sebagai perguruan tinggi berbasis keagamaan dapat menjadi pusat pendidikan Islam yang moderat dan toleran, sehingga mampu melahirkan cendekiawan muslim yang unggul dalam merekatkan persatuan bangsa.

“UNWAHA (harus) turut serta menjadikan Indonesia sebagai episentrum pendidikan Islam yang moderat dan toleran, dengan mencetak insan teladan bagi generasi muslim global, yakni generasi muda yang tidak hanya cakap secara akademis tetapi juga mampu menebarkan toleransi dan berperan aktif dalam kehidupan sosial,” tegas Wapres.

Terlebih, kata Wapres, kemajemukan bangsa Indonesia dewasa ini juga makin diuji dengan timbulnya riak-riak dari aksi segelintir kelompok dengan menyebarkan paham-paham yang dapat merusak tatanan kehidupan bangsa yang berlandaskan Pancasila.

“Sebagai tempat berkumpulnya intelektual-intelektual Islam, UNWAHA harus mampu mengambil peranan yang lebih besar dalam mengedukasi masyarakat, khususnya umat yang awam ilmu agama dan mudah terpengaruh pada ajakan-ajakan yang mengarah pada rusaknya ikatan kita sebagai bangsa dalam kerangka NKRI,” pesannya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda