Wapres Tegaskan Pentingnya Perguruan Tinggi: Asah Mahasiswa Jadi SDM Berdaya Saing Global

Raka Dwi Novianto ยท Kamis, 10 Maret 2022 - 11:24:00 WIB
Wapres Tegaskan Pentingnya Perguruan Tinggi: Asah Mahasiswa Jadi SDM Berdaya Saing Global
Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun talenta-talenta unggul nasional. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menegaskan perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun talenta-talenta unggul nasional. Di antaranya, perguruan tinggi sebagai agen transformasi sosial dan ekonomi bangsa diharapkan tidak lagi sebatas tempat terjadinya transfer ilmu. 

"Perguruan tinggi adalah tempat mengolah, mengasah, menguatkan, dan mengembangkan potensi, keilmuan serta karakter mahasiswa sehingga menjadi SDM yang inovatif dan berdaya saing global," ujar Ma'ruf pada Dialog Nasional Manajemen Talenta Nasional Indonesia Emas 2045 yang disiarkan YouTube Universitas Andalas, Kamis (10/3/2022).

Ma'ruf  mengatakan perguruan tinggi juga dituntut dapat menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk terus mengembangkan bakat, kemampuan, dan keahliannya. Harapannya, lulusan perguruan tinggi dapat memilih jalan karier atau profesi yang sesuai dengan talentanya tersebut.

"Sehingga siap menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, bahkan juga dunia," kata Ma'ruf.

Lalu, perguruan tinggi disebutnya memimpin dalam proses membentuk pemimpin-pemimpin masa depan yang tidak saja menguasai ilmu pengetahuan, tapi juga memiliki iman dan takwa serta karakter kebangsaan yang kuat.

"Karakter jati diri bangsa penting untuk ditumbuhkan dan dipelihara. Sejarah mencatat bahwa kemerosotan suatu bangsa sering terjadi karena lupa akan jati dirinya. Hidup dan bangunnya suatu bangsa tergantung pada akhlaknya, jika mereka tidak lagi menjunjung tinggi akhlaknya, maka bangsa itu akan musnah bersamaan dengan keruntuhan akhlaknya. Pancasila yang kita sepakati sebagai pemersatu bangsa harus senantiasa kita pedomani sebagai landasan dalam berperilaku," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda