Waspada Daerah Rawan Longsor di Kramat Jati Jaktim, Ini Lokasinya

muhammad farhan · Kamis, 08 Desember 2022 - 15:44:00 WIB
Waspada Daerah Rawan Longsor di Kramat Jati Jaktim, Ini Lokasinya
Ilustrasi cuaca ekstrem sebabkan pergerakan tanah. (Foto: Ilustrasi/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi bencana tanah bergerak atau longsor di 10 wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Saat ini, laporan mengenai pergerakan tanah terjadi di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul mengatakan pergerakan tanah terjadi di tiga lokasi di Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. 

"Tapi tidak memakan korban jiwa dan harta benda karena tidak ada bangunan yang terdampak, hanya lokasi lahan kosong yang terdampak," ujar Rudy saat dikonfirmasi, Kamis (8/12/2022). 

Rudy mengungkapkan banyaknya pergerakan tanah karena lahan berada di pinggir sungai dan tidak memiliki sheet pile. Sebagai informasi, Sheet pile merupakan material konstruksi yang berbentuk lembaran yang ditanamkan di tanah secara vertikal untuk menahan tanah agar tidak terjadi longsor.

"Kalau di kelurahan Cililitan dan Cawang, tidak ada laporan terjadinya longsor. Karena Cawang dan Cililitan sudah banyak yang di sheet pile. Balekambang belum seluruhnya di sheet pile," ujar Rudy. 

Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini potensi bencana tanah bergerak atau longsor di 10 wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Salah satu penyebabnya karena curah hujan dan lokasi wilayah yang rentan terjadi pergerakan tanah. 

”Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan dari BMKG,” tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip, Kamis (1/12/2022). 

Adapun wilayah yang berpotensi mengalami tanah bergerak di Jakarta Selatan di antaranya Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan. 

Sedangkan wilayah Jakarta Timur meliputi Kecamatan Kramat Jati, dan Pasar Rebo.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda