Waspada, Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah akibat Bibit Siklon 90W

Binti Mufarida ยท Rabu, 30 November 2022 - 02:39:00 WIB
Waspada, Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah akibat Bibit Siklon 90W
Hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya Bibit Siklon Tropis 90W di Samudera Pasifik utara Papua. Bibit Siklon Tropis 90W ini bisa meningkatkan awan hujan sehingga berpotensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia.

“Bibit Siklon 90W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Kalimantan Utara dan di Papua Barat,” ungkap BMKG dalam keterangannya, Rabu (29/11/2022).

Sementara itu, BMKG mengungkapkan daerah tekanan rendah terpantau di teluk Carpentaria yang membentuk daerah konvergensi memanjang di NTT, dari Laut Banda hingga Maluku dan di Papua bagian utara.

Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Bengkulu, di Lampung, di laut Jawa, di Jawa Tengah, Laut Natuna, di Jawa Timur, dari selat Makassar bagian selatan hingga Sulawesi Selatan, dan di Sulawesi bagian tengah, serta daerah pertemuan angin atau konkluensi di Sumatera bagian tengah.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Bibit Siklon Tropis daerah tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi atau konkluensi tersebut,” ungkap BMKG.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda