Waspada, Positivity Rate Covid-19 Indonesia Melebihi Standar WHO

Binti Mufarida ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 11:56 WIB
Waspada, Positivity Rate Covid-19 Indonesia Melebihi Standar WHO

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Positivity rate atau laju kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia saat ini sebesar 13,3 persen. Angka tersebut melebihi standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO, yakni 5 persen.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, selama 3 minggu terakhir, jumlah orang yang diperiksa dan jumlah kasus positif cenderung meningkat.

“Kami ingin menyampaikan tentang jumlah orang yang diperiksa dan positivity rate per hari atau laju positif per hari. Ini adalah kabar yang kurang baik dan perlu menjadi perhatian seluruh pihak yang ada di Indonesia,” ujar Wiku di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Dia meminta agar data tersebut menjadi kewaspadaan bersama untuk meningkatkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Jadi ini adalah peringatan perlunya kewaspadaan bagi kita bersama bahwa kita harus mampu menurunkan tingkat penularan yang ada di masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, positivity rate atau jumlah yang dites dan positif Covid-19 akan menurun jika tingkat penularannya menurun.

“Mohon ini menjadi perhatian semua pihak bukan hanya pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat karena keberhasilan kita disumbang oleh kita juga,” katanya.

Editor : Kurnia Illahi