Yenny Wahid Kenang BJ Habibie: Beliau Telaga Ilmu yang Luar Biasa

Aditya Pratama, Maria Neti Indrawati ยท Jumat, 13 September 2019 - 04:00 WIB
Yenny Wahid Kenang BJ Habibie: Beliau Telaga Ilmu yang Luar Biasa

Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid (kanan) di upacara pemakaman BJ Habibie di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

JAKARTA, iNews.id – Putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid merasa sangat kehilangan dengan kepergian Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ke-3 RI itu dinilainya tokoh dan teladan bagi bangsa.

Yenny menceritakan momen-momen pertemuan terakhirnya dengan mantan menteri negara riset dan teknologi itu. Pada Juli 2019, misalnya, dia sempat berbincang panjang lebar dengan BJ Habibie mengenai banyak persoalan.

"Beliau banyak bercerita tentang konsep dari doa sebagai sebuah bentuk dari quantum fisik, menurut saya itu luar biasa sekali. Beliau memang telaga ilmu yang luar biasa, kita menyelam pun tidak ada batasnya," ucap Yenny di upacara pemakaman BJ Habibie, Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Dua hari sebelum Habibie wafat, Yenny dan keluarga mendiang Gus Dur juga menjenguk pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan itu di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Yenny pun bersyukur sempat bertemu dengan Habibie sebelum mantan wapres itu berpulang.

"Bagi saya pribadi bersyukur dapat kesempatan memberikan, apa namanya, untuk mencium beliau, perpisahan umtik terakhir kalinya. Karena bagi kami, saya pribadi merasa Pak Habibie sudah seperti sosok yang sangat dekat dengan kami," kata dia.

BJ Habibie wafat di RSPAD pada Rabu (11/9/2019) petang pukul 18.05 WIB. Mantan Kepala BPPT itu sebelumnya dirawat karena usia menua.

"Mas Ilham (Habibie) kebetulan, kami sangat dekat dengan mas Ilham sehingga kehilangan ini bukan cuma kehilangan Mas Ilham dan keluarga, mas Thariq, tetapi kami juga kehilangan," kata Yenny.


Editor : Zen Teguh