Yenny Wahid Temui Tokoh Papua, Napak Tilas Perjuangan Gus Dur

Rizal Bomantama · Jumat, 01 Oktober 2021 - 10:01:00 WIB
Yenny Wahid Temui Tokoh Papua, Napak Tilas Perjuangan Gus Dur
Putri Gus Dur, Yenny Wahid menemui sejumlah tokoh masyarakat di Papua sebagai bentuk napak tilas perjuangan ayahnya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Putri Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yakni Yenny Wahid melakukan napak tilas perjuangan ayahnya di Papua. Salah satu caranya dengan menemui sejumlah tokoh Papua.

Yenny bertemu tokoh Papua yakni Thaha Alhamid dan Pastor Jhon Jonga. Pertemuan itu digelar pada Kamis (30/9/2021) malam. Kedua tokoh perjuangan Papua, baik Jhon Jonga maupun Hamid Althaha dikenal bersahabat dengan Gus Dur.

Kedatangan Yenny bertujuan untuk menapak tilas jejak perjuangan Gus Dur dalam menanam dan memupuk perdamaian di tanah Papua. Thaha Alhamid seorang tokoh perjuangan Papua yang juga menjabat sebagai Sekjen Presidium Dewan Papua (PDP) mengatakan Gus Dur ada di hati masyarakat Papua.

"Gus Dur tidak bisa dipisahkan dari Papua. Dia ada di dalam hati semua masyarakat Papua," kata Thata di depan Yenny, Kamis (30/9/2021).

Semasa hidupnya Gus Dur memang dikenal sebagai tokoh humanis yang banyak memberi teladan bagi keutuhan persatuan bangsa. Cerita teladan kedekatan Gus Dur dengan masyarakat Papua sudah banyak didengar dan diketahui masyarakat, salah satunya ketika Gus Dur mengembalikan nama Papua yang semula dinamakan Irian Jaya.

Tampaknya kenangan tersebut sangat lekat dalam ingatan Thaha sehingga dia tak mampu menahan air mata ketika kembali menceritakannya kepada Yenny. Menurut Thaha, Gus Dur juga pernah memberikan sebuah kado yang setelah dibuka berisi bendera pusaka Merah Putih.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: