Yonko 462 Kopasgat Laksanakan Karya Bakti dan Donor Darah Sambut HUT TNI ke-77

Rilo Pambudi ยท Selasa, 04 Oktober 2022 - 20:47:00 WIB
Yonko 462 Kopasgat Laksanakan Karya Bakti dan Donor Darah Sambut HUT TNI ke-77
Yonko 462 Kopasgat, Laksanakan karya bakti dan donor darah Sambut HUT TNI Ke 77 (Foto: TNI AU)

JAKARTA, iNews.id - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77 akan dilangsungkan pada Rabu, 5 Oktober 2022. Berbagai kegiatan dilakukan oleh TNI dalam rangka menyambut HUT ke-77 kali ini. 

Salah satunya seperti kegiatan karya bakti dan donor darah yang dilakukan oleh prajurit Batalyon Komando 462 Kopasgat Pekanbaru. Donor darah yang dilakukan Yonko Kopasgat 462 dilaksanakan di Balai Prajurit Yonko 462 Kopasgat Pekanbaru pada Kamis pekan lalu.

Pelaksanaan Karya Bakti dilaksanakan di jalan K.H. Ahmad Dahlan Pekanbaru. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wadanyon Komando 462 Kopasgat, Mayor Pas Agni Vitalis Heatubun dan terdiri dari personel gabungan TNI (AD, AL, AU) di wilayah riau dan Dinas PU-PR Bina Marga Kota Pekanbaru.

Sedangkan donor Darah telah dilaksanakan di Balai Prajurit Yonko 462 Kopasgat. Aksi yang bertujuan untuk membantu stok darah di PMI Pekanbaru dipimpin langsung Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ian Fuady.

Diketahui, jumlah pendonor mencapai sebanyak 286 orang dengan rincian 112 orang dari TNI AU, 107 orang dari TNI AD, 11 orang dari TNI AL, 35 orang dari Polri, 8 orang dari GMFKPPI, 14 orang Satpol PP.

Selain itu, turut hadir pula pada kegiatan Donor Darah Danrem 031/WB Brigjen TNI Perlindungan Hutagalung S. A.P, Danlanal Dumai Kolonel Laut Stenly Lekahena, Aspidmil Kejati Riau Kolonel Laut (KH) Faisol. SH, Ketua PMI Riau H. M. Noer MBS, SH. M.Si, MH, dan Pejabat  Lanud Rsn.

Persiapan di Pusat Sudah Matang

Beralih ke pihak lain, persiapan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77 di pusat dipastikan telah matang. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono menyebutkan bahwa persiapan peringatan HUT TNI ke-77 telah dilakukan sejak pekan lalu. 

Hal itu disampaikannya dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jumat, 30 September 2022.

"Hari ini kami dengan Pak Kasum (Kepala Staf Umum TNI) dan jajarannya, dan tentunya perwakilan dari rekan-rekan kepolisian dari Polda Metro Jaya bergabung untuk pertama, kesiapan-kesiapan untuk HUT TNI ke-77 sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu.”

“Hari ini kami mengecek kembali kesiapan terakhir,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dikutip iNews.id dari laman resmi Kepresidenan, Selasa (4/10/2022).

Kasetpres juga menegaskan, peringatan HUT ke-77 TNI tahun ini akan dimeriahkan dengan defile atau parade pasukan TNI lengkap dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Akan ada sebanyak 63 alutsista TNI yang akan ditampilkan di upacara peringatan HUT TNI ke-77. Defile itu rencananya akan dimulai dari depan Istana Merdeka hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Perlu kami jelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa di tanggal 5 Oktober acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana, dilanjutkan dengan defile sampai dengan Bundaran HI. Di sana nanti disajikan parkir dan lain-lain untuk alutsista yang sudah dipilih oleh Pak Kasum (Kepala Staf Umum TNI),” jelasnya.

Demi kelancaran acara tahunan tersebut, Kasetpres mengatakan bahwa pihak kepolisian melalui Polda Metro Jaya akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Ia menyampaikan, masyarakat akan tetap bisa beraktivitas sebagaimana biasanya meski ada defile TNI.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda