Zulkifli Hasan: Banyak yang Enggak Tahu Pak Terawan Menteri Kesayangan Pak Jokowi

Kiswondari Pawiro ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 17:40 WIB
Zulkifli Hasan: Banyak yang Enggak Tahu Pak Terawan Menteri Kesayangan Pak Jokowi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto disebut sebagai salah satu yang akan diganti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Wacana perombakan kabinet (reshuffle) itu disampaikan langsung Jokowi saat menegur keras para menteri dalam rapat kabinet pada Kamis, 18 Juni 2020.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ternyata memiliki pendapat berbeda dengan sebagian publik tersebut. Menurut dia, justru Terawan merupakan menteri kesayangan Jokowi.

"Kalau ada isu-isu reshuffle, Pak Terawan ini percayalah banyak yang enggak tahu, ini menteri kesayangan Pak Jokowi ini," katanya saat menjadi pembicara kunci dalam acara peluncuran buku "Menghadang Corona: Advokasi Publik Di Masa Pandemik" karya anggota Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay secara virtual, Jumat (10/7/2020).

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menyebutkan, banyak yang tidak mengetahui Terawan merupakan menteri kesayanagn Jokowi. Jika nanti perombakan kabinet benar-benar terjadi, dia mengatakan, Terawan merupakan salah satu menteri yang tak akan diganti.

"Nanti kalau ada reshuffle insyallah nggak mungkin direshuffle. Orang enggak tahu ini menteri kesayangannya Pak Presiden ini," ujarnya.

Zulhas mengungkapkan, belum lama ini sempat bertemu Jokowi. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan Covid-19 awalnya merupakan krisis kesehatan namun berkembang menjadi krisis ekonomi.

Banyak kontraksi ekonomi mengerikan yang terjadi di negara-negara maju. Indonesia, menurut Jokowi, sedikit lebih baik namun krisis tersebut tetap berat.

"Presiden menyampaikan sungguh-sungguh berat, bahkan prseiden mengatakan ngeri, krisis kesehatan berkemmbang jadi krisis ekonomi," katanya. *kiswondari

Editor : Djibril Muhammad