5 Fakta Mobil Dilengkapi Black Box seperti Pesawat, Kejadian Kecelakaan Akan Terekam

Bertold Ananda · Jumat, 26 November 2021 - 06:55:00 WIB
5 Fakta Mobil Dilengkapi Black Box seperti Pesawat, Kejadian Kecelakaan Akan Terekam
Black box atau dikenal dengan sebutan Event Data Recorder (EDR) terdapat pada mobil-mobil premium. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel masih dalam penyelidikan. Kepolisian menunggu hasil investigasi rekaman black box yang terdapat di unit SUV Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang digunakan korban. 

Bagi sebagian orang ini kaget. Apakah mobil memiliki fitur rekaman kecelakaan black box seperti pada pesawat? 

Black box atau dikenal dengan sebutan Event Data Recorder (EDR) terdapat pada mobil-mobil premium. Di Indonesia hanya bebeberapa unit mobil yang menyematkan fitur rekaman black box ada unit produksinya.  

Ini sangat penting untuk mempermudah proses investigasi kecelakaan. Nyatanya black box atau kotak hitam merupakan perangkat elektronik yang sangat tahan lama mampu merekam informasi berharga di saat-saat (biasanya 5 detik) sebelum tabrakan. 

Konsep kotak hitam memang terkenal dan telah lama menjadi bagian dari industri penerbangan, namun banyak orang yang tidak menyadari kehadiran dan perannya dalam industri otomotif sangat penting dalam merekonstruksi kecelakaan mobil. 

Meskipun tujuan dan prinsip pengoperasiannya serupa, namjn ada beberapa perbedaan utama antara kotak hitam kendaraan dan pesawat. Berikut fakta tentang blackbox pada mobil. 

1. Black box mobil berbeda dengan pesawat 

Meskipun memiliki nama yang sama namun kotak hitam kendaraan tidak sama dengan kotak hitam pesawat. Dalam pesawat komersial, kotak hitam sebenarnya terdiri atas dua perangkat terpisah yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR), yang sering digabungkan untuk membentuk satu unit. CVR dalam pesawat mengharuskan merekam 4 saluran data audio kokpit untuk durasi minimal dua jam. 

Jika Kotak hitam pada mobil (EDR) di sisi lain, berfungsi untuk menyimpan data ke memori flash biasanya di modul kontrol airbag kendaraan (ACM). Fungsi utama ACM adalah untuk merekam data crash sebagai perangkat keselamatan 

Perekaman data tabrakan EDR mobil sebenarnya mirip dengan FDR pesawat dalam hal merekam informasi berharga tentang kendaraan pada saat-saat sebelum tabrakan. Namun pembedanya ialah EDR pada mobil tidak bisa merekam audio seperti yang terdapat di pesawat 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: