6 Jenis Kerusakan Ban dari Benjol hingga Pecah, Ini Penyebabnya 

Dani M Dahwilani · Jumat, 05 Maret 2021 - 14:42:00 WIB
6 Jenis Kerusakan Ban dari Benjol hingga Pecah, Ini Penyebabnya 
Kerusakan ban yang terjadi sehari-hari, mulai dari ban benjol, aus di sejumlah bagian, retak hingga pecah. (Foto: Daihatsu)

JAKARTA, iNews.id - Ban merupakan komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan. Ban memiliki banyak peranan. 

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan, ada empat fungsi ban. Pertama, ban berperan sebagai alat bantu kendali atau navigasi. Ban juga sebagai suspensi untuk membantu meredam getaran. 

"Berikutnya, ban membantu cengkraman pengereman ke aspal, dan keempat paling utama sebagai penerus daya dari mesin untuk menggerakkan kendaraan," ujarnya, dalam workshop virtual bersama Daihatsu, baru-baru ini. 

Dalam keseharian,  banyak kasus ban mengalami kerusakan dari ringan hingga berat. Menurut Bambang, ada enam jenis kerusakan pada ban dan penyebabnya. Berikut ulasannya: 

1. Ban bergelombang (benjol) 

Ban benjol atau bergelombang terutama di bagian samping karena benang atau kawat ban putus. Ini terjadi biasanya akibat bagian samping ban membentur benda atau pembatas jalan. 

"Untuk itu, hati-hatilah saat berbelok. Jangan sampai ban membentur dinding karena bagian samping ban sangat rapuh," kata Bambang 

2. Ban retak-retak 

Ban mengalami retak-retak seperti rambut karena faktor usia. Ban yang sudah lama biasanya akan getas sehingga timbul retakan. Untuk keamanan dan kenyamanan sebaiknya segera ganti yang baru. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2