Ban Mobil Listrik Accelera Mengaspal di GIIAS, Begini Penampakannya

Dani M Dahwilani · Selasa, 16 Agustus 2022 - 22:02:00 WIB
Ban Mobil Listrik Accelera Mengaspal di GIIAS, Begini Penampakannya
Ban Accelera Iota EVT didesain dengan noise lebih rendah untuk menjaga tingkat kesenyapan pada mobil listrik. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kehadiran kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) menjadi isu utama dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022). Seluruh komponen mobil listrik pun dibuat lebih ramah lingkungan dan efisien.

Salah satunya ban. Ini menuntut produsen ban berinovasi. Seperti yang dilakukan PT Elangperdana Tyre Industry yang mengembangkan ban mobil listrik Accelera Iota EVT. 

Ban tersebut diperkenalkan perdana di GIIAS 2022. Seperti apa teknologi ban ini? 

"Ban Accelera Iota EVT (Electric Vehicle Tyre) diciptakan secara khusus oleh Tyre Enginer EPTI untuk mobil listrik. Melalui teknologi simulasi dan pengalaman kami selama ini Accelera Iota EVT diciptakan dengan model pattern asymmetric dan design sidewall serta memiliki noise rendah," ujar Direktur Marketing & Sales EP Tyres, Dicky Mursalie di ICE BSD, Tangerang, Selasa (20/8/2022).

Dia mengungkapkan dengan proses penelitian panjang dan pengembangan secara khusus, ban ini memiliki rolling resistance rendah dan daya cengkram optimal, sehingga dapat menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik (efesiensi energy). Dalam upaya menjamin dan menjaga keselamatan pengendara ban Accelera Iota EVT digunakan teknologi antene. 

"Antene adalah teknologi yang diciptakan Tyre Enginer EPTI yang diaplikasikan pada ban Accelera Iota EVT dengan fungsi mentransfer elektrostatik yang muncul pada tapak ban dan meminimalisir kemungkinan munculnya percikan api atau kebakaran yang terjadi karena elektrostatik pada ban," katanya. 

Dicky menjelaskan, mobil listrik umumnya memiliki bobot yang lebih berat di bandingkan mobil biasa, sehingga menghasilkan torsi lebih tinggi saat kendaraan mulai melaju. Dalam menjawab kebutuhan tersebut, Ban Accelera Iota EVT diciptakan memiliki daya cengkram dan akselerasi yang lebih baik dibandingkan ban biasa.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda