Banyak yang Percaya Isi Bensin Malam Hari Lebih Bagus, Ini Faktanya

Riyandy Aristyo ยท Senin, 20 April 2020 - 00:16 WIB
Banyak yang Percaya Isi Bensin Malam Hari Lebih Bagus, Ini Faktanya

Banyak yang percaya mengisi bahan bakar minyak (BBM) malam hari lebih bagus dibanding pagi atau siang, benarkah? (Foto: Pertamina

BOGOR, iNews.id - Banyak mitos yang berkembang di dunia otomotif. Termasuk soal pengisian bahan bakar minyak (BBM).

Salah satunya mengisi bensin di malam hari. Banyak yang percaya mengisi BBM malam lebih bagus dibanding pagi atau siang, benarkah?

Commercial Retail Fuel PT Pertamina, Indra Pratama mengatakan, waktu pengisian bahan bakar tidak berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas BBM yang masuk ke dalam tangki kendaraan.

"Ini mungkin lebih pada soal kebiasaan. Karena malam hari suhunya lebih rendah, jadi bensin tidak gampang menguap," ujar Indra, saat berbincang dengan iNews.id di Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu silam.

Selaras dengan Indra, Eksternal Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita juga mengungkapkan, tidak ada waktu khusus untuk mengisi bensin, baik siang maupun malam.

"Mengisi tangki bensin pada malam hari akan membuat pemilik kendaraan tak direpotkan antre di SPBU dibanding pagi atau siang. Itu bedanya," kata Arya.

Pengisian BBM pagi atau malam, menurut Arya, sama baiknya selama dilakukan di SPBU yang telah memenuhi standar Pertamina berkode depan 31 atau 34. Dia menyarankan agar pemilik kendaraan tidak mengisi bensin di sembarang tempat, terutama eceran dalam botol yang terpapar sinar matahari.

"Kita kan enggak pernah tahu kualitas dan takarannya pas atau tidak. Apalagi bensin tersebut mungkin saja sudah tersimpan lama dan tercampur zat-zat lain. Jadi sebaiknya isilah BBM di SPBU," ujar Arya.

Editor : Dani Dahwilani