Cara Pasang Alarm pada Sepeda Motor

Bertold Ananda · Rabu, 12 Januari 2022 - 06:05:00 WIB
Cara Pasang Alarm pada Sepeda Motor
Cegah motor digondol maling, berikut cara pasang alarm pada sepeda motor. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Dalam artikel kali ini akan dibahas cara pasang alarm pada sepeda motor. Alarm motor diperlukan sebagai fitur keamanan tambahan untuk mencegah aksi pencurian kendaraan. 

Alarm akan berbunyi saat sensor mendetekasi ada upaya paksa menghidupkan kendaraan, sehingga menarik perhatian orang sekitar.  

Saat ini, tidak hanya mobil yang dilengkapi alarm, sebagian sepeda motor juga sudah dipasang fitur keamanan tersebut. 

Namun, jangan galau dan risau apabila motor Anda tidak dilengkapi fitur ini. Sebab banyak toko aksesoris sepeda motor menyediakan paket alarm yang dapat diaplikasikan pada berbagai jenis motor secara universial.   

Pemasangan alarm motor pada sepeda motor sangat mudah dan simpel. Anda pun tidak perlu repot datang ke bengkel untuk memasangnya.  

Bagaimanakan cara memasangnya? Berikut cara pasang alarm pada sepeda motor: 

1. Persiapkan peralatan 

Hal pertama yang perlu Anda pesiapkan untuk memasang alarm motor yakni peralatan. Hal itu dimaksudkan supaya jauh lebih mudah pemasangannya. Alat-alat yang dipersiapkan meliputi obeng plus dan minus, gunting, korek api, tang, lakban, relay 4 kaki, isolasi, skun, seperangkat modul dan saklar alarm.

2. Buka bodi motor

Buka bodi motor untuk pemasangan modul alarm dan kabel-kabel. Jangan lupa simpan mur agar tidak hilang atau bingung saat akan dipasang kembali.

3. Buka modul

Buka kemasan modul alarm beserta kabelnya. Sebelum memasangnya ada baiknya Anda potong seluruh ujung kabel. Hal itu berguna supaya pemasangan lebih cepat dan rapi. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: