Gadis 14 Tahun Ciptakan Teknologi Atasi Titik Buta pada Pengemudi

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 06 November 2019 - 21:15 WIB
Gadis 14 Tahun Ciptakan Teknologi Atasi Titik Buta pada Pengemudi

Seorang gadis remaja asal Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), Aliana Gassler membuat solusi inovatif mengatasi masalah blind spot atau titik buta pada kendaraan. (Foto: YouTube/Motor1)

PENNSYLVANIA, iNews.id - Blind spot atau titik buta menjadi salah satu masalah yang dialami pengemudi. Biasanya, bagian mobil yang menimbulkan blind spots adalah rangka pilar A atau pilar di depan pengemudi.

Dilansir dari Motor1, Rabu (6/11/2019), seorang gadis remaja asal Pennsylvania, Amerika Serikat membuat solusi inovatif terkait masalah blind spot ini.

Gadis bernama Aliana Gassler tersebut menciptakan teknologi canggih yang membuat pilar A pada mobil yang sebelumnya menutupi pandangan menjadi seakan tembus pandang atau transparan.

Teknologi tersebut dibuat dengan meletakkan kamera di sisi luar pilar A untuk menangkap pemandangan lingkungan sekitar mobil, terutama di pandangan sebelah kanan pengemudi.

Gambar yang didapat melalui kamera kemudian diproyeksikan ke pilar A yang telah dilapisi bahan retro reflective fabric, menggunakan proyektor kecil yang berada di atas kursi pengemudi.

Nantinya, pilar A akan menjadi layar dan pemandangan yang sebelumnya terhalang serta dapat terlihat oleh pengemudi melalui proyeksi yang ditampilkan.

Atas penemuannya tersebut, gadis 14 tahun itu mendapatkan peringkat teratas dalam kompetisi Broadcom Math, Applied Science, Technology and Engineering for Rising Stars (Masters). Gadis itu mendapatkan hadiah sebesar Rp350 juta.


Editor : Dani Dahwilani