Gandeng China, Daimler Ingin Buat Baterai dengan Daya Jangkau 700 Km

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:31 WIB
Gandeng China, Daimler Ingin Buat Baterai dengan Daya Jangkau 700 Km

Daimler tengah mendalami aliansi dengan produsen baterai China CATL untuk menghasilkan baterai dengan daya jangkau hingga 700 km. (Foto: Autonews)

STUTTGART, iNews.id - Pabrikan mobil mewah Jerman, Daimler, tengah mendalami aliansi dengan produsen baterai China CATL. Kerja sama ini akan menghasilkan paket baterai dengan daya jangkau mencapai 700 km.

Dilansir dari Autonews, Jumat (7/8/2020), selain punya daya jangkau yang jauh, baterai ini nantinya bisa di-charge dengan waktu yang lebih cepat dan akan disematkan untuk kendaraan Mercedes-Benz.

Perjanjian kerja sama dengan CATL sudah diteken sejak Rabu, 5 Agustus lalu. Poin utamanya adalah penyediaan sel baterai dan seluruh sistem baterai, serta menggabungkan kerja sama penelitian.

"Kami bermaksud memimpin teknologi baterai, jadi kami sekarang menggabungkan keahlian penelitian dan pengembangan kami sendiri dengan mitra yang berani," kata Daimler.

Tak hanya itu, perjanjian tersebut mencakup berbagai teknologi baterai dari seluruh modul untuk mobil Mercedes-Benz, termasuk dari segi desain.

"Kerja sama ini juga termasuk desain CATL cell-to-pack (CTP), yang menghilangkan modul konvensional dan mengintegrasikan sel langsung ke dalam baterai," kata Daimler.

Untuk jangka panjang, kerja sama keduanya diharapkan dapat memperpendek siklus pengembangan dan menghemat biaya secara berkelanjutan. Selain CATL, Daimler juga menjalin kemitraan dengan LG Chem untuk mempersiapkan mobil listrik dan hybrid.

Editor : Dani Dahwilani