Gembok Motor Canggih Ini Bisa Diaktifkan dengan Smartphone

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 11:51 WIB
Gembok Motor Canggih Ini Bisa Diaktifkan dengan Smartphone

Perusahaan keamanan Jerman, ABUS menciptakan kunci gembok sepeda motor berteknologi tinggi, Granit Detecto SmartX 8078. (Foto: Rideapart)

BERLIN, iNews.id - Perusahaan keamanan Jerman, ABUS menciptakan kunci gembok sepeda motor berteknologi tinggi, Granit Detecto SmartX 8078. Kunci ini hanya bisa dioperasikan dengan sistem Bluetooth yang terkoneksi ke ponsel pintar.

Dilansir dari Rideapart, Selasa (7/7/2020), teknologi SmartX memungkinkan kunci terhubung ke smartphone apapun melalui konektivitas Bluetooth 3.0 menggunakan aplikasi ABUS. Kunci ini juga berfungsi sebagai sistem alarm dan bisa melihat peta di mana posisi motor diparkir.

Kunci gembok bernama Granit Detecto SmartX 8078 terlihat seperti kunci rem cakram pada umumnya. Secara spesifik, kunci tersebut terbuat dari baja keras lengkap dengan baut 13,5 mm.

Semua mekanisme penguncian dioperasikan melalui smartphone pemilik tanpa menggunakan anak kunci sama sekali. Setelah dipasang pada motor, gembok akan mengunci dan mengirimkan informasi ke aplikasi di smartphone pengguna.

Berkat teknologi deteksi 3D ABUS, kunci dapat mendeteksi gerakan kecil atau getaran dan segera mengaktifkan sistem alarm 100dB. Jika alarm berhasil mengusir pencuri, sistem deteksi tersebut akan mengkalibrasi ulang secara otomatis, di mana pemilik tak perlu keluar untuk mematikan alarm.

Alarm akan aktif saat terpasang ke motor berkat sistem pengenal cakram motor. Gembok ini hanya bisa dipasang di motor dengan rem cakram. Sementara motor tanpa cakram tidak bisa mengaktifkan alarm. Granit Detecto SmartX 8078 dijual dengan harga sekitar 280 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp4 jutaan.

Editor : Dani Dahwilani