Gunakan Oli Sesuai Jenis Sepeda Motor, Pertamina Siapkan 6 Pilihan Pelumas

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 12:25:00 WIB
Gunakan Oli Sesuai Jenis Sepeda Motor, Pertamina Siapkan 6 Pilihan Pelumas
Kebutuhan pelumas motor matik, sport dan racing berbeda, untuk itu gunakan oli sesuai dengan jenis kendaraan. (Foto: Ilustrasi/Pertamina Lubricant)

JAKARTA, iNews.id - Pelumas atau oli merupakan salah satu komponen penting yang butuh perhatian khusus pada kendaraan. Namun, dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan.

Pemilik kendaraan harus memperhatikan petunjuk yang direkomendasikan pabrikan. Apalagi jenis sepeda motor bermacam-macam, ada yang memakai karburator dan injeksi. Selain itu, ada sepeda motor bertransmisi manual (kopling), semi otomatis, dan matik (otomatis).

Lalu, bagaimana memilih pelumas yang tepat? Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, Agung Prabowo mengemukakan, produk pelumas terus berkembang seiring dengan inovasi teknologi dari produsen otomotif. Di mana pelumas akan menyesuaikan kebutuhan kendaraan.

"Kompresi mesin kendaraan sekarang semakin tinggi. Ini seiring dengan inovasi teknologi produsen otomotif dalam membuat sepeda motor yang lebih efisien dan lebih tinggi. Pelumas pun mengikuti perubahan tersebut dengan menghadirkan jenis oli terbaru," ujarnya, saat menjadi pembicara dalam acara Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), belum lama ini.

Menurut Agung, secara mekanis motor model terbaru memiliki celah ring piston yang semakin kecil, sehingga dibutuhkan partikel pelumas yang lebih kecil. Untuk itu, pelumas untuk model sepeda motor baru lebih encer.

"Celah ring piston pada mesin kendaraan sekarang semakin kecil. Ini untuk menghasilkan kompresi yang lebih baik, sehingga diperlukan pelumas dengan partikel ultra kecil hingga ukuran nano. Jadi secara karakter, pelumas motor lama dengan baru berbeda," katanya.

Dia menuturkan pelumas pada dasarnya memiliki tiga fungsi, yaitu lubricate (pelumas), cool (pendingin), clean (pembersih). Jika tidak tepat akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Sebab itu, kebutuhan pelumas antara motor matik, sport dan racing berbeda. Pertamina telah menyiapkan enam jenis pelumas sesuai dengan model sepeda motor, sebagai berikut:

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30

Enduro 4T Sport SAE 5W-30 adalah pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan dari aus. Pelumas ini telah memenuhi persyaratan tingkat mutu API Service SL dan JASO MA2

Keunggulan Enduro 4T Sport SAE 5W-30 menghasilkan akselerasi dan power maksimum. Kemudian, friksi yang tinggi pada kopling dapat meminimilisasi slip pada sistem kopling basah.

Enduro 4T Sport SAE 5W-30 direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah dengan sistem kopling basah, terutama pada aplikasi balapan.

2. Enduro 4T Racing 10W-40

Enduro 4T Racing 10W-40 merupakan pelumas motor empat langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi diformulasikan base oil sintetik dan aditif API SL pilihan. Pelumas ini telah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil, sehingga tidak menyebabkan slip pada kopling.

Memenuhi standar mutu JASO MA2 dan API SL/SJ, Enduro 4T Racing SAE 10W-40, sesuai dengan sepeda motor generasi terbaru serta akselerasi tinggi, tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi radiasi panas dari mesin. Pelumas ini juga dapat membersihkan mesin, serta mencegah terbentuknya deposit pada piston, korosi dan menjaga komponen mesin dari aus.

Enduro 4T Racing SAE 10W-40 direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah, Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3