Hyundai Bangun Pabrik Baterai di Karawang, Apakah Mobil Listrik Akan Lebih Murah?

Muhamad Fadli Ramadan · Minggu, 27 November 2022 - 06:41:00 WIB
Hyundai Bangun Pabrik Baterai di Karawang, Apakah Mobil Listrik Akan Lebih Murah?
Samsung dan LG sedang membangun pabrik baterai di Karawang, apakah akan membuat mobil listrik di Indonesia lebih murah?  (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.idHyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd sedang membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat. Baterai ini akan dipasarkan di Indonesia dan diekspor ke sejumlah negara.

Apakah akan membuat mobil listrik di Indonesia jadi lebih murah? Head of Marketing PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid A Wijana memaparkan progres pembangunan pabrik baterai sesuai dengan rencana akan beroperasi pada 2024.

Pembangunan pabrik baterai ini sejalan dengan rencana memproduksi sel baterai sebesar 10 gigawatt hour per tahun, dan akan terus ditingkatkan. Jumlah tersebut diklaim dapat menyuplai lebih dari 150.000 mobil listrik.

“Kami punya komitmen memastikan ekosistem kendaraan listrik terbentuk melalu kerja sama dengan LG Energi Solution membangun pabrik baterai di Karawang. Jelang acara B20 kami juga menandatangani nota kesepahaman dengan Adaro Minerals untuk memastikan suplai aluminium terjamin sebagai salah satu bahan penting dari baterai,” kata Astrid saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022).

Dikutip dari Yonhap, Hyundai berinvestasi sebesar 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp16,3 triliun untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang.

Hyundai dan LG juga akan menerima dana dari lima perusahaan keuangan internasional berbeda dengan periode pinjaman 10 tahun dan secara bertahap akan mengambil pinjaman saat proyek berlangsung.

Seperti diketahui, biaya produksi kendaraan listrik didominasi baterai yang memakan harga sebanyak 50 persen. Hadirnya pabrik baterai diharapkan dapat mengurangi biaya produksi dan membuat mobil listrik lebih terjangkau.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda