Hyundai dan LG Mulai Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Dani M Dahwilani · Rabu, 15 September 2021 - 15:27:00 WIB
Hyundai dan LG Mulai Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd hari ini memulai pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia. (Foto: Nikkei Asia/Reuters)

JAKARTA, iNews.id Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd hari ini memulai pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.  Pabrik tersebut dibangun di Karawang New Industry City, Jawa Barat.

Seremonial peletakan batu pertama disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Selain itu, seremoni ini juga dihadiri CEO Battery Cell joint venture Hong Woo-pyeong dan Head of Asia-Pacific headquarters Hyundai Motor Company Youngtack Lee.

“Hyundai Motor Group terus fokus mengembangkan kemampuannya agar dapat menjadi pemimpin global di pasar kendaraan listrik, yang mana menjadi kunci daya saing di masa depan. Keberadaan pabrik ini adalah bagian dari upaya tersebut,” ujar Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung, dalam keterangan persnya, Rabu (15/9/2021). 

“Dimulai dari kehadiran pabrik ini, ekosistem kendaraan listrik dapat sukses terbangun di Indonesia seiring dengan pengembangan dari berbagai industri terkait. Lebih jauh lagi, kami berharap Indonesia dapat memainkan peran penting di pasar kendaraan listrik ASEAN,” katanya

Sementara itu, President and CEO LG Energy Solution, Jong-hyun Kim menyebutkan, hari ini menandakan langkah besar dalam memulai era baru industri baterai untuk kendaraan listrik di Tanah Air, seiring dengan pembangunan pabrik manufaktur sel baterai pertama di Indonesia.

“Bersama-sama, melalui kemitraan joint venture ini, kita telah selangkah lebih maju dalam membangun rantai pasokan komprehensif kendaraan listrik pertama di dunia. LG Energy Solution akan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan fasilitas manufaktur sel baterai bersama ini agar menjadi basis utama dalam memenangkan pasar kendaraan listrik global,” ujarnya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2