Jangan Anggap Enteng Pentil Ban Motor Hilang, Jika Dibiarkan Ini yang Terjadi

Riyandy Aristyo ยท Senin, 30 Maret 2020 - 21:30 WIB
Jangan Anggap Enteng Pentil Ban Motor Hilang, Jika Dibiarkan Ini yang Terjadi

Fungsi pentil ban mencegah udara dari dalam ban keluar serta menjaga ban dari masuknya debu dan kotoran dari lubang pengisian angin. (Foto: BlueStar Car Inspections)

JAKARTA, iNews.id - Banyak pemilik sepeda motor yang menyepelekan pentil ban. Meskipun kecil dan tidak terlihat penting, komponen ini punya fungsi sangat vital bagi kendaraan.

Pemilik outlet ban Visual Tire's Depok, Budi Sujdana mengatakan, fungsi dari komponen ini banyak seperti mencegah udara dari dalam ban keluar serta menjaga ban dari masuknya debu dan kotoran dari lubang pengisian angin.

"Banyak orang kehilangan pentil motor membiarkannya begitu saja. Padahal, manfaat pentil ban itu banyak. Makanya, jaga terus dan jangan sampai hilang," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, Senin (30/3/2020).

Budi juga mengingatkan agar pentil ban dijauhkan dari api karena bisa meleleh dan terbakar. Saat melepas pentil ban, harus berhati-hati karena teksturnya rentan rawan bengkok.

"Kalau (pentil ban) sudah bengkok, jangan memaksakan diri untuk dipasang, nanti bisa merusak ban," ujar Budi.

Menurut Budi, meski dampaknya tidak langsung terasa, tanpa pentil ban, kenyamanan saat berkendara sepeda motor akan berkurang karena ban sering kempes. "Sebaiknya segera pasang yang baru bila pentil ban motor hilang," kata Budi. 

Editor : Dani Dahwilani