Kenali 4 Tanda Lampu Sein Kendaraan Rusak

Riyandy Aristyo ยท Senin, 08 Maret 2021 - 15:34:00 WIB
Kenali 4 Tanda Lampu Sein Kendaraan Rusak
Lampu sein berfungsi sebagai alat komunikasi, indikator pada kendaraan ketika akan berbelok yang dibuat dengan tujuan mengurangi risiko kecelakaan. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Lampu sein merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Lampu sein berfungsi sebagai alat komunikasi, indikator pada kendaraan ketika akan berbelok yang dibuat dengan tujuan mengurangi risiko kecelakaan.

Sebab itu, kondisi lampu sein wajib dicek secara berkala agar tidak cepat rusak. Diketahui, ada beberapa faktor yang menyebabkan lampu sein cepat rusak. Berikut iNews.id rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/3/2021).

1. Tak ada aliran listrik

Salah satu penyebab lampu sein mati adalah tidak adanya aliran listrik dari accu (aki) atau tegangan tidak maksimal. Aki pada motor harus memiliki voltase di atas 12 volt. 

Apabila motor memiliki voltase kurang dari 12 volt, dipastikan menyebabkan lampu sein tidak berfungsi atau mati. 

2. Saklar kotor

Jika lampu sein tiba-tiba mati, bagian yang harus dicek pertama kali adalah saklar. Coba gerak-gerakkan saklar perlahan-lahan sampai lampu sein kembali menyala. Apabila tidak menyala, bisa jadi saklar kotor atau rusak.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2