Kolaborasi Pertamina Fastron dan Lamborghini Perkuat Pelumas Indonesia di Pasar Dunia

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 15:17 WIB
Kolaborasi Pertamina Fastron dan Lamborghini Perkuat Pelumas Indonesia di Pasar Dunia

Pertamina Lubricants menghadirkan pelumas mesin kendaraan bensin premium, Fastron Platinum Racing 10W-60 yang diformulasikan khusus dengan Lamborghini Squadra Corse. (Foto: Dok iNews.id/Pertamina Lubricants)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan Indonesia terus berkiprah di pasar dunia. Salah satunya PT Pertamina Lubricants melalui produk pelumas Fastron. Perusahaan badan usaha milik negara ini memperkuat eksistensinya di pasar global dengan bekerja sama brand supercar Italia, Lamborghini.

Dalam kolaborasi ini, Pertamina Lubricants menghadirkan pelumas mesin kendaraan bensin premium, Fastron Platinum Racing 10W-60 yang diformulasikan khusus dengan Lamborghini Squadra Corse. Produk tersebut sebagai pelumas mobil balap yang menggunakan bahan dasar full synthetic Plyaphaolefin atau lebih dikenal dengan PAO.

Pelumas Fastron Platinum Racing 10W-60 memenuhi tingkat mutu API SN dan ACEA A3/B4-12 dengan kekentalan ganda yang stabil. Produk ini dapat memberikan akselerasi dan perlindungan optimal terhadap mesin pada saat start-up dan posisi temperatur tinggi, serta menghasilkan power maksimum.

Untuk menunjukkan ketangguhan Fastron Platinum Racing 10W-60, Pertamina Fastron kembali menjadi technical partner pabrikan Italia, Automobili Lamborghini di ajang balap GT3 dan Super Trofeo Championships 2020 dan 2021.

“Kolaborasi Pertamina Lubricants dan Lamborghini merupakan bagian dari visi kami menjadi perusahaan pelumas kelas dunia. Kehadiran Pertamina Fastron dalam rangkaian ajang otomotif mancanegara adalah bagian dari program kami terus memperkuat positioning Pertamina Lubricants di kancah bisnis global. Ini juga untuk menjaga keyakinan pelanggan Pertamina Lubricants senantiasa berkomitmen menghasilkan produk-produk berkualitas,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Ageng Giriyono dalam keterangan persnya di Jakarta.

Sebagai Technical Partner, pelumas Fastron Platinum Racing 10W-60 akan digunakan di GT3 dan ST Vehicles untuk Lamborghini Squadra Corse. Fastron Platinum Racing diformulasikan guna meningkatkan kinerja mesin V10 mobil-mobil Lamborghini Huracan.

Sampai saat ini, Pertamina Fastron sudah berkontribusi di berbagai kejuaraan GT, antara lain dua kemenangan di 24 Hours of Daytona, dua kemenangan di 12 Hours of Sebring, tiga kemenangan dalam Blancpain GT Series, serta kejuaraan One-make Lamborghini di Asia, Eropa dan Amerika Utara.

Direktur Finance and Business Support Pertamina Lubricants, Andre Herlambang menuturkan, kerja sama dengan divisi motorsport Lamborghini Squadra Corse sejak 2015 telah membangun nama produk unggulan, yakni Pertamina Fastron di kancah internasional. "Tentunya kami bangga dapat melanjutkan perjalanan ini dan menjadi bagian dari agenda besar Lamborghini GT3 dan Super Trofeo di tahun 2020 dan 2021," katanya.

Andre menambahkan kualitas produk Pelumas Pertamina, khususnya Fastron Platinum Racing sudah teruji dan proven terhadap kinerja mesin-mesin kendaraan supercar kelas dunia. Pertamina berharap hasil terbaik untuk Lamborghini Squadra Corse di musim balap 2020 dan 2021.

Sementara itu, Head of Automobili Lamborghini Motorsport, Giorgio Sanna mengatakan, kerja sama berkelanjutan ini merupakan bukti Pertamina Lubricants dan Lamborghini bisa bersama-sama berkontribusi terhadap dunia GT Racing. "Kami sangat senang dengan dukungan yang diberikan Pertamina," ujarnya.

Diketahui, Pertamina Fastron pertama kali diluncurkan pada 2003 dengan varian Fastron Fully Synthetic SM 0w-50 dan Fastron 20W-50 SJ. Fastron diformulasikan untuk menjawab permintaan konsumen terhadap pelumas berkualitas tinggi yang cocok dengan mesin-mesin kendaraan generasi terbaru.

Fastron dengan Nano Guard Technology adalah pelumas sintetik berkualitas tinggi yang secara optimal melindungi mesin, serta memberikan performa dan akselerasi tinggi. Spesifikasi Fastron merupakan paling advance di industri pelumas, meliputi API SN, ILSAC GF-5 memenuhi Standar Eropa dan Amerika Serikat, Approved oleh Lamborghini, Approved oleh OEM Jepang dan Korea. Tak heran, Fastron diakui kualitasnya oleh pabrikan-pabrikan kendaraan dengan menjadi Original Engine Manufacturer (OEM), seperti Lamborghini, Mercedes Benz, BMW, VW, Volvo, Porsche, Toyota, Daihatsu, Honda dan lainnya.

Varian Fastron semakin berkembang dengan menjadi Technical Partnership bersama Automobili Lamborghini melalui pelumas Fastron Platinum Racing 10W-60 SN yang digunakan di seluruh event motorsport Squadra Course. Fastron pun telah hadir di lebih dari 14 negara di dunia, antara lain Bangladesh, Nigeria, Vietnam, Yaman, Malaysia, Jepang, Afrika Selatan, dan Australia.

“Kami berharap produk Pertamina Fastron menjadi kebanggaan Indonesia dan membawa nama Indonesia di pasar Global. Ke depan kami akan terus berinovasi mengikuti tren teknologi, serta tren otomotif terkini untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa.

Editor : Dani Dahwilani