Kunci Kendaraan Hilang Tak Perlu Panik, Ini yang Dapat Dilakukan

Riyandy Aristyo ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 18:46 WIB
Kunci Kendaraan Hilang Tak Perlu Panik, Ini yang Dapat Dilakukan

Memakai kunci cadangan merupakan salah satu solusi cepat jika kunci utama hilang. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu peralatan penting pada kendaraan adalah kunci. Jika kunci hilang mobil atau motor tidak dapat dikendarai.

"Ukuran kunci kendaraan yang kecil sering membuat pengendara lupa meletakkan. Apalagi jika kehilangan kunci motor di saat kondisi terburu-buru pasti membuat panik," ujar pengamat otomotif dan instruktur kendaraan, Jusri Pulubuhu saat dihubungi iNews.id, Senin (3/8/2020).

Apa yang harus dilakukan jika kunci kendaraan hilang? Jusri membagikan tips sebagai berikut:

1. Jangan panik

Jika kunci motor hilang, usahakan tidak panik alias tetap tenang. Jika panik, pikiran pasti semakin runyam dan tidak dapat mengingat di mana terakhir meletakkan kunci motor.

"Panik membuat suasana semakin keruh, sehingga bisa memicu pertengkaran. Apalagi jika Anda panik dalam kondisi terburu-buru dan mendesak," kata Jusri.

2. Pakai kunci cadangan

Memakai kunci cadangan merupakan salah satu solusi cepat jika kunci utama hilang. Maka itu, pastikan menyimpan kunci motor cadangan di tempat yang aman dan mudah diingat.

"Kunci cadangan adalah benda pertama yang paling sering diingat pada saat kehilangan kunci motor," katanya.

3. Hubungi bengkel

Jika kunci cadangan tidak ada, sebaiknya menghubungi dealer terdekat. "Anda bisa menghubungi deler karena biasanya menyediakan layanan perbaikan atau penggantian kunci," ujar Jusri.

4. Pakai jasa tukang kunci

Jika kondisi darurat dan jauh dari delaer bisa memanfaatkan jasa tukang kunci. Biasanya tukang kunci dapat dengan mudah membongkar kontak dan membuat kendaraan kembali menyala dengan kunci baru.

Editor : Dani Dahwilani