Manfaat Coating pada Mobil di Saat Musim Hujan

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 15:15 WIB
Manfaat Coating pada Mobil di Saat Musim Hujan

Fungsi coating tidak hanya terkait penampilan kendaraan tapi untuk mempermudah dalam perawatan. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Coating dilakukan pemilik kendaraan agar tampilan mobil selalu terlihat kinclong, tidak kusam dan enak dipandang. Namun, fungsi coating tidak hanya terkait penampilan tapi untuk mempermudah dalam perawatan.

Dalam proses coating ada auto detailing. Di mana detailler memoles lapisan khusus pada permukaan cat mobil sehingga lapisan baru ini dapat membuat efek water repelient (air di daun talas), meningkatkan daya tahan terhadap goresan, dan kilapan cat (glossy) lebih tahan lama.

Bagaimana dengan kondisi cuaca hujan dan banjir seperti saat ini? Apakah coating tahan terhadap cuaca? Presiden Direktur PT Global Auto International (GAI), Andi Setiawan mengemukakan, coating pada dasarnya tidak hanya untuk menjaga penampilan kendaraan, tapi juga melindungi bodi mobil dari berbagai masalah.

"Coating kendaraan bisa bertahan lama hingga 10 tahun. Untuk ketahanan produk, seperti System X Ceramic Protection yang kami miliki, sebenarnya biasa digunakan untuk bodi pesawat dan helikopter. Jadi produk asal Amerika Serikat ini sangat tahan terhadap berbagai kondisi cuaca," ujarnya di Training Center dan Workshop PT GAI, Central Cakung Business Park, Jakarta, baru-baru ini.

Dia menuturkan mobil yang telah di-coating lebih mudah dibersihkan. Termasuk pada saat kondisi hujan seperti saat ini.

"Kalau sudah di-coating tidak usah pakai sabun pun mobil bisa bersih mengkilap. Mobil yang sudah di-caoting memiliki efek daun talas, air tidak menampel pada bodi, sehingga cat kendaraan terjaga dan tidak berjamur," kata Andi.

Coating juga tidak hanya diaplikasi pada eksterior, tapi juga interioar seperti dashbord dan kursi. "Seperti bagian bodi, jika interior di-coating membuat kabin mudah dibersihkan dan tidak gampang tergores," ujarnya.

Untuk bagian jok jika terendam atau tersiram air tidak akan mudah rembes terkait efek daun talas dari coating. "Jika basah, kursi tinggal dilap dan tidak rembes ke busa," katanya.

Editor : Dani Dahwilani